JMN Channel


Uu Ruzhanul Ulum Sebut Hari Pahlawan sebagai Momentum Jas Hijau

Yakni mengingat peran ulama yang turut berjuang di masa kemerdekaan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. (Foto: Humas Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, peringatan Hari Pahlawan pada 10 November menjadi momentum untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa. Berkaitan hal ini, ada singkatan "Jas Merah" dari pidato Bung Karno berjudul "Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah" yang melekat di benak masyarakat.

Bagi Kang Uu, Jas Merah tersebut mencakup jasa para pahlawan --baik yang tercatat secara resmi maupun tidak-- yang berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga:

Keren, Para Pemuda di Mekarsari Purwakarta Bisa Rubah Sampah Jadi Cuan

Ini Keluh Kesah Pelaku Usaha Saat Wisata Danau Toba Sepi Pengunjung



"Jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena hidup ini tidak lepas dari masa lampau. Dan hadirnya kebaikan sekarang tidak lepas dari kebaikan jasa para orang terdahulu," ucap Kang Uu dalam keterangan resminya, Selasa (10/11/20).

Meski begitu, selain Jas Merah, Kang Uu juga menyoroti pentingnya "Jas Hijau" alias "Jangan Sekali-kali Hilangkan Jasa Ulama". Slogan tersebut menggambarkan peran besar umat Islam dan para ulama/kiai di Tanah Air dalam perjuangan melahirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jangan sekali-kali hilangkan jasa ulama. Ulama bergerak dan berjuang itu memiliki multidimensi, di samping memperjuangkan (hal) yang bersifat duniawi, tetapi juga memperjuangkan yang bersifat ukhrawi (akhirat)," tutur Kang Uu.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Hari Pahlawan Kiyai Ulama Pahlawan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini Berita Hyperlokal

berita terkait

Begini Cara Polisi di Cugenang Cianjur Berantas Covid-19

438 Aset Pemkot Bandung Telah Disertifikasi, Sudah Aman?

Mangga Jenis Ini Ternyata Oleh-oleh Khas Danau Toba

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi