Bunga Eceng Gondok Jadi Tempat Berswafoto Yang Cantik di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Mencari spot berswafoto dengan latar belakang bunga tidak harus pergi jauh-jauh. Di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) yang tengah berbunga kini ramai jadi perbincangan di jagat maya.

Pasalnya, ratusan bunga yang tengah mekar menjadi tempat berswafoto yang indah ala-ala bunga sakura di Jepang.

Banyak orang, terutama anak muda mengabadikan keindahan bunga eceng gondok untuk kemudian diunggah ke dunia maya.

Bunga eceng gondok yang mekar berwana ungu terlihat menarik melengkapi kecantikan warna dari hijaunya tanaman eceng gondok yang kerap dijadikan bahan kerajinan tangan tersebut.

Baca Juga:  Hanyut di Sungai Alang Tarar, Bocah Asal Batu Bara Ditemukan Tewas

Tempat berswafoto yang persis di Pelabuhan Biru, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta itu ramai dikunjungi kaula muda di waktu dari pagi dan sore hari. Para pecinta selfie menjadikan tempat ini sebagai sarana untuk unjuk diri di depan kamera sebelum diupload ke jagat maya.

“Spot cantik ini bisa menambah koleksi foto,” kata Novita, salah satu pengunjung, pada Rabu (11/11/2020).

Sementara, Riyadi, pengunjung lainnya mengaku pertama kali mengetahui informasi adanya bunga mekar ini dari media sosial Instagram dan Facebook.

Baca Juga:  Bukan karena Flu, Ini Penyebab Kematian Ratusan Burung Pipit di Cirebon

“Awalnya tau lokasi eceng gondok dari postingan di Instagram dan Facebook. Keberadaan bunga eceng gondok ini, mengingatkan akan bunga sakura yang berjatuhan di Jepang,” kata Riyadi.

Ia menambahkan, dirinya sengaja datang jauh-jauh dari Kecamatan Darangdan nuntuk melihat keindahan bunga eceng gondok. Dia pun memuji bungan eceng gondok.

“Kelihatannya bagus seperti bukan di Purwakarta, kayak di Jepang. Tapi tergantung yang fotonya juga sih,” ucap Riyadi.

Terpisah, Yogi Galih (31), Warga sekitar, mengatakan bunga Eceng Gondok ini hanya mekar selama dua minggu saja. Setelah itu bunganya akan hilang dan baru akan tumbuh tahun depan

Baca Juga:  Mikawanoh Pakeman Basa: Cacandran

“Memang ini musiman. Pastinya setahun ini sekali, tapi kadang juga sampai dua kali setahun,” ucap Yogi.

Namun, sambung dia, bunga eceng gondok ini tidak semua mekar serentak. Secara bergantian bunga tumbuh kemudian hilang. Diperkirakan taman ini akan bertahan sekitar satu atau dua minggu lagi.

“Kalau ini sudah seminggu lalu tumbuhnya. Tapi sebagian belum tumbuh, mungkin nanti seperti gantian, yang satu tumbuh, yang satu sudah hilang,” singkatnya. (Gin)