Buntut Isu KPK Panggil Aa Umbara, Kantor Bupati Bandung Barat Sepi

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Aktivitas di kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB) sepi sepanjang Rabu (11/11/2020). Bupati Aa Umbara Sutisna pun tidak beraktivitas seperti biasa di kantornya.

Gonjang-ganjing kabar mengenai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memeriksa Aa Umbara disinyalir menjadi salah satu faktor yang membuat suasana perkantoran jadi sepi. Meskipun isu itu masih belum jelas, banyak pihak yang kemudian bertanya-tanya.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah (Setda) KBB juga tak merilis agenda giat bupati. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Aa Umbara sedang dalam tahap pemulihan kesehatan. 

Baca Juga:  Duh, Rumah Bupati Indramayu Nina Agustina Terendam Banjir

“Bupati tidak ada giat di luar hari ini. Kami tak menerima agenda kegiatan bupati. Berdasarkan informasi, bupati masih kurang sehat,” kata Kepala Bagian Prokopim Setda KBB Agus Ganjar Hidayat. 

Dikonfirmasi melalui telpon, adik bupati, Usep Sukarna menyebutkan jika Aa Umbara ada di kediamannya. Bupati, kata dia, tidak melakukan aktivitas karena kondisi kesehatan yang kurang baik.

Baca Juga:  Catatan Kasus Kecelakaan Kerja di Jabar, Tahun 2021 Menurun?

“Kemarin check up oleh dokter pribadi karena kurang sehat. Hari ini full istirahat di rumah,” terang Usep.

Disinggung mengenai adanya informasi soal pemeriksaan Aa Umbara oleh KPK, Usep enggan berkomentar. Dirinya mengaku tidak tahu menahu soal hal tersebut.

“No comment, kalau soal itu. Yang jelas, beliau (bupati) sekarang ada,” pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, KPK meminta keterangan kepada Aa Umbara terkait kegiatan penyelidikan. Pelaksana Tugas Juru Biacara KPK Ali Fikri membenarkan panggilan KPK kepada Aa Umbara.  

Baca Juga:  Buang Sampah Sembarangan di Depok, 27 Orang Kena OTT

“Sebagaimana informasi yang kami terima, benar ada permintaan keterangan yang bersangkutan (Aa Umbara) terkait kegiatan penyelidikan oleh KPK,” kata Ali Fikri.

Meski begitu, KPK belum mau mengungkapkan terkait kasus yang menjerat Aa Umbara. Pasalnya, saat ini masih dalam proses penyelidikan. 

“Karena masih proses penyelidikan, kami belum bisa menyampaikan lebih lanjut mengenai kegiatan dimaksud. Perkembangannya nanti kami akan informasikan lebih lanjut,” tukas Ali. (Yoy)