Live Stream Bandung 132 TV


Jabar Dalam Upaya Penanganan Bencana Alam

Lilis Suryani, Pegiat Literasi. (Foto: Dok. Pribadi)

Penulis: Lilis Suryani (Pegiat Literasi).

Berkaca dari tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2019, wilayah Jawa Barat mengalami serentetan bencana alam. Mulai dari gempa bumi, banjir, longsor, angin puting beliung hingga kebakaran hutan. Selain menelan korban jiwa, masyarakat juga mengalami kerugian material. Nampaknya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kali ini ingin lebih siap menghadapi bencana alam. Apalagi menurut prediksi dari BMKG, bahwa akan ada curah hujan lebih banyak dan lebih ekstrim selama enam bulan kedepan.

Baca Juga:

Ini Manfaat Biji Buah Nangka, Diantaranya Bisa Cegah Kanker Dan Diabetes

Video: Kisah Seorang Gadis SMP Rela Jadi Badut Untuk Bantu Ibunya



Berkaitan dengan hal itu, Ridwan Kamil menetapkan status siaga bencana untuk Provinsi Jabar untuk menghadapi potensi bencana alam hidrometeorologi selama enam bulan ke depan, yakni dari November 2020 hingga Mei 2021.

"Jadi kesiagaan ini berbanding lurus dengan prediksi Badan Meteorologi, bahwa akan ada curah hujan lebih banyak dan lebih ekstrem. Sehingga kita menetapkan kesiagaan itu dari November sampai Mei. Hampir setengah tahun, enam bulan ke depan," kata Ridwan Kamil seusai Apel Kesiapsiagaan Bencana di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (4/11/2020).

Bencana alam, seolah tak pernah mau beranjak dari negeri ini, daerah Jawa Barat khususnya. Di awal tahun 2020 saja sudah banyak bencana alam yang terjadi, terakhir adalah gempa di Garut dan Pangandaran. Tragedi demi tragedi seolah tak ingin meninggalkan tanah Pasundan ini. Bahkan ada yang menyebutkan, bahwa bencana alam di Jabar seperti minum obat, yaitu terjadi hampir tiga kali dalam sehari.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Penanganan Bencana Alam Provinsi Jawa Barat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Siaga Bencana Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ini Manfaat Mengkonsumsi Ikan Nila, Diantaranya Cegah Penuaan Dini

Tak Mau Keluarga Kalian Diganggu Jin Jahat? Lakukan Cara Ini

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi