Unik, Begini Cara Polsek Sukatani Gelar Operasi Yustisi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Operasi Yustisi digelar Polsek Sukatani, Polres Purwakarta, pada Kamis (12/11/2020). Dalam operasi itu, 13 orang pelanggar terjaring razia tersebut.

Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Sukatani, AKP Ma’mun Murod mengatakan, kegiatan operasi Yustisi yang dilakukan bersama perugas gabungan TNI-Polri dan Satpol PP, guna mengingatkan kepada seluruh masyarakat, agar mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Seluruh masyarakat ditekankan agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19, salah satunya dengan menggunakan masker saat melakukan akttivitas di luar rumah,” ucap Pria yang akrab disapa Murod itu.

Baca Juga:  Pangdam Siliwangi Jamin Tidak Ada Lagi Warga Jawa Barat Ditolak Vaksin Covid-19

Dijelaskannya, Operasi Yustisi ini digelar secara Humanis dan Persuasif, membantu Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker.

“Target yang ingin capai dalam pelaksanaan Operasi Yustisi adalah melakukan pendekatan secara Humanis tetapi tegas agar masyarakat dapat memahami bahwa Protokol Kesehatan itu adalah kebiasaan bukan karena keterpaksaan,” terangnya

Murod menilai, kepatuhan masyarakat untuk menggunakan masker sudah cukup baik, sehingga operasi yustisi ini setidaknya dapat menekankan kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker.

Baca Juga:  Kemenkes: Persiapkan Kesehatan Agar Ibadah Haji Lancar

“Kalo kita lihat sebenarnya kepatuhan cukup baik. Untuk itu adanya operasi yustisi ini, mereka yang keluar rumah takut kalo tidak pakai masker,” ucapnya.

Diakui Murod, pihkanya tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di wilayah Kecamatan Sukatani.

“Masyarakat harus sadar dengan kasus Covid-19 yang terus melonjak. Jangan sampai kita jadi pasien berikutnya, untuk itu patuhi anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona. Saya harapkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, karena kami melakukan ini untuk kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga:  Berenang di Zona Merah Pantai Pangandaran, Wisatawan Tewas

Pada awalnya, kata Murod, banyak warga yang abai terkait penerapan protokol kesehatan. Namun, seiring dengan masifnya himbauan maupun sosialisasi yang dilakukan jajaran Polsek, Koramil dan unsur Pemerintah Kecamatan Sukatani, perlahan tingkat kesadaran warga pun meningkat.

“Setiap hari kami melakukan operasi yustisi baik secara mobile ataupun stasioner, dengan tetap mengedepankan sikap humanis dan persuasif. Saat sosialisasi maupun patroli, kita selalu tekankan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak) kepada warga melaksanakan aktivitas di luar ruangan,” ucap Murod. (Gin)