Brimob Polda Jabar Dikerahkan Untuk Disiplinkan Masyarakat Soal Prokes

JABARNEWS | BANDUNG – Kepolisian daerah (Polda) Jawa Barat mengerahkan personel Brigade Mobil (Brimob) untuk melakukan operasi yustisi mendisiplinkan masyarakat supaya mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Personel Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimod Polda Jabar melakukan kegiatan tersebut di Cipanas, Kabupaten Cianjur untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19.

Pasukan elite Polri itu melaksanakan patroli dialogis edukasi dan imbauan kepada masyarakat agar selalu menaati prokes saat Adapatsi Kebiasaan Baru (AKB) di sepanjang Jalan Raya Cipanas, Cianjur.

Baca Juga:  Tempat Service Jok Motor di Cianjur Diamuk Si Jago Merah

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Jabar Kombes Pol Asep Saepudin mengatakan, AKB diterapkan untuk melonggarkan aktivitas masyarakat agar perekonomian menggeliat.

Namun bukan berarti mengabaikan prokes 4M, seperti menggunakan masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

“Prokes harus tetap diterapkan guna menghindari penularan Covid-19,” kata Dansat Brimob Polda Jabar.

Edukasi dan sosialisasi prokes yang dilaksanakan personel Brimob, ujar Kombes Pol Asep Saepudin, masyarakat mengerti dan mengubah pola hidup sehat dengan selalu memperhatikan 4M.

“Patroli yustisi anggota Brimob Polda Jabar ini dilaksanakan di setiap Batalyon dan Kompi di Jawa Barat agar penularan virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, terutama Jawa Barat, dapat ditekan,” ujar Kombes Pol Asep Saepudin.

Baca Juga:  KIM Semarakan Wisata Informasi Di Kabupaten Majalengka

Sementara itu, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan mengatakan, petugas kepolisian bersama TNI akan menggelar Operasi Yustisi Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Apalagi saat ini, penambahan kasus positif Covid-19 harian Jawa Barat tertinggi di Indonesia.

“Operasi yustisi itu kegiatan pemerintah daerah yang bersinergi dengan TNI dan Polri. Kegiatan ini berlandaskan kepada Inpres Nomor 6 Tahun 2020,” kata Wakapolda Jabar.

Baca Juga:  Jabar Pererat Jalinan Kerjasama Dengan Wallonia

Operasi yustisi, ujar Brigjen Pol Eddy Sumitro, merupakan upaya penanganan pandemi Covid-19 dengan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Eddy mengimbau masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan di masa pandemi ini. Dengan disiplin menerapkan prokes, diharapkan akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Masyarakat diimbau disiplin menerapkan pola 4M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” ujar dia. (Red)