Antisipasi Banjir, Satgas Citarum Harum Bentuk Posgab Siaga Bencana

JABARNEWS | BANDUNG – Guna mengantisipasi potensi banjir, Dansektor 4 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono membentuk Posko Gabungan Siaga Bencana di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Selain anggota TNI yang bertugas di Satgas Citarum Harum Sektor 4, pembentukan posko tersebut juga melibatkan anggota TNI dari sejumlah kesatuan. Unsur Polri, BPBD, dan relawan bencana juga turut terlibat.

Menurut Mulyono, pembangunan posko itu untuk menyikapi datangnya musim penghujan. Belakangan ini, curah hujan pun relatif tinggi, sehingga potensi banjir di wilayah Majalaya semakin tinggi.

Baca Juga:  Begini Cara Himapsi UM Bandung Bentuk Karakter Islami Mahasiswa Psikologi

Selain itu, mengingat hulu daerah aliran Sungai Citarum yang secara geografis mayoritas wilayahnya pegunungan, di mana masih ada lahan yang kritis. Hal tersebut berpotensi menimbulkan bencana banjir maupun tanah longsor.

“Jadi, di saat terjadi bencana alam, kami langsung bisa melakukan penanganan dengan cepat. Di Posko Bencana Sektor 4 Satgas Citarum telah tersedia sarana prasarana penanggulangan banjir,” kata Mulyono, melalui keterangan pers, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga:  Ini Sejumlah Titik Rawan Macet Arus Balik Mudik di Cianjur

Di Posko Gabungan Siaga Bencana yang berada di Majalaya, tekan dia, petugas bakal melaksanakan patroli dan pemantauan wilayah setiap saat.

Sewaktu-waktu jika terjadi bencana alam, petugas pun dapat segera melakukan tindakan penanganan. Termasuk menyampaikan informasi, hingga melakukan koordinasi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 4.

Baca Juga:  Polda Jabar: Polri dan TNI Telah Berhasil Sukseskan Pemilu 2019

Mulyono mengatakan, untuk melakukan penanganan bencana dengan lebih cepat dan memudahkan koordinasi, di posko terdapat sejumlah peralatan dan perlengkapan pendukung.

“Di antaranya terdapat LCR 2 unit, kano 1 unit, dayung 10 buah, ban pelampung 10 buah, dan tali webbing 10 buah,” jelasnya. (Yoy)