Seorang Pulang dari Jakarta, Akhirnya Ada 19 Warga Desa Positif Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Sebanyak 19 orang di satu desa terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani swab test. Mereka merupakan warga Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Hernawan Widjajanto mengatakan, 19 warga Cilame tersebut terpapar Covid-19 dari seorang warga positif Covid-19 yang telah bepergian ke luar daerah.

Baca Juga:  Demi Lanjutkan Pendidikan, Pelajar Ini Bekerja Mencuci Bus di Terminal 

“Jadi awalnya itu ada satu orang yang positif Covid-19 setelah pulang dari Jakarta, terus menular ke bapak dan ibunya. Akhirnya, sekeluarga itu positif,” kata Hernawan di Ngamprah, Jumat (13/11/2020).

Setelah tahu bahwa satu keluarga di Cilame positif Covid-19, terang dia, Dinkes kemudian melakukan tracing kontak erat. Dari hasil tracing, semua yang melakukan kontak erat dilakukan swab test.

Baca Juga:  Soal Dugaan Manipulasi Data Vaksinasi di Kota Banjar, Ade Uu: Nggak Tahu, Emang Ada?

“Dari hasil tracing kontak erat yang kemudian kami lakukan swab test, total yang terkonfirmasi positif ada 19 orang. Itu termasuk sekeluarga yang jadi sumber penularan Covid-19,” terangnya.

Hernawan mengatakan, saat ini masih ada dua orang di antara mereka yang dirawat di rumah sakit. Sementara sisanya masih menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing.

Baca Juga:  Bawa Sabu Satu Kg Lintasi Serdang Bedagai, Dua Warga Riau Ditangkap

“Sebetulnya kami sudah siapkan ruang isolasi di RSUD Cikalongwetan, tapi mereka yang isolasi mandiri belum mau dipindahkan ke rumah sakit,” kata Hernawan.

“Kami minta bantuan ke Satgas Covid-19 desa untuk membujuk mereka, biar mau diisolasi di rumah sakit. Jadi, itu biar lebih mudah pengawasannya,” katanya melanjutkan. (Yoy)