Ingin Berwisata ke Purwakarta di Masa Pandemi, Jangan Lupa Hal Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tempat wisata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, telah diizinkan untuk dibuka di masa adapdasi kebiasaan baru (AKB) pascapandemi Covid-19.

Disituasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, masyarakat disarankan untuk menerapkan beberapa langkah saat berwisata agar tetap aman, di antaranya patuh pada protokol kesehatan.

Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, mengatakan di Kabupaten Purwakarta ada sebanyak 68 destinasi wisata yang telah di tetapkan berdasarkan peraturan Bupati Purwakarta.

Baca Juga:  Tim Sar Gabungan Berhasil Temukan Bocah Tenggelam di Sungai Cimandiri Sukabumi

“Untuk berwisata ke Kabupaten Purwakarta, penerapan protokol kesehatan, menjadi prioritas utama di lokasi objek wisata. Seperti menggunakan masker, jaga jarak, juga pengecekan suhu tubuh menjadi protokol umum yang diterapkan,” ucap Heri, pada Sabtu (14/11/2020).

Selain itu, pembatasan kunjungan hanya 50 persen dari kapasitas juga harus dipatuhi oleh pengelola objek wisata.

Baca Juga:  Bikin Tak Nyaman, Polres Purwakarta Segera Tertibkan Knalpot Bising

“Dari 68 destinasi wisata, terbagi menjadi empat, yakni destinasi wisata alam, destinasi wisata buatan, destinasi religi, dan desatinasi wisata kuliner,” ucapnya.

Heri menambahkan, masyarakat harus patuh menjalankan protokol kesehatan secara maksimal, walaupun tentunya tempat wisata juga menjaga protokol kesehatan.

“Selain untuk mencegah klaster baru Covid-19, penerapan protokol kesehatan secara ketat di sektor pariwisata pun bertujuan untuk menggeliatkan kembali para pelaku usaha di Kabupaten Purwakarta,” jelas Heri

Baca Juga:  Sambut Baik Rencana Pembangunan Monumen Bung Karno di Bandung, Ridwan Kamil: Biaya dari Masyarakat

Diakuinya, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta tak bosan untuk terus mengingatkan pengelola wisata terkait penerapan Protokol Kesehatan 3M.

“Kita selalu mengingatkan pengelola wisata di Purwakarta baik secara lisan, tulisan, dan siaran pesan elektronik terkait prokes 3M ini. Ingat Pesan Ibu, Memakai masker, Menjaga jarak dan selalu Rajin Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,” pesan Heri. (Gin)