Gus Menteri: SDM dan Ekonomi Tumpuan Pembangunan Desa

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa pembangunan desa harus bertumpu pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi.

Gus Menteri, sapaan Abdul Halim Iskandar, menjelaskan bahwa SDM dan ekonomi merupakan sektor yang sama-sama penting dan harus menjadi prioritas, sehingga tidak boleh diambil salah satunya.

Baca Juga:  Lagi! Ditertibkan Sejumlah Reklame Ilegal di Kota Bandung

“Karena keduanya sama dengan bicara tentang lebih dulu mana antara ayam dan telur tidak ada ujungnya. dua-duanya antara SDM dan ekonomi ini mutlak,” kata Gus Menteri, melalui keterangannya, Minggu (15/11/2020).

Abdul Halim Iskandar meminta agar seluruh Balai Latihan Masyarakat (BLM) milik Kemendes PDTT yang tersebar di beberapa daerah juga fokus pada pengembangan SDM, selain melakukan pelatihan untuk meningkatkan ekonomi desa.

Baca Juga:  Momen saat Sandiaga Uno Cegat Angkot di Kota Bandung: Sang Sopir Kaget saat Tahu Ini

Adapun pesertanya tidak harus selalu warga desa, melainkan pula bisa Pendamping Desa atau Kepala Desa dan Aparatur Desa. BLM juga dapat memfasilitasi antar Kepala Desa untuk berbagi pengalaman membangun desa.

Abdul Halim Iskandar yang meraih Doktor Honoris Causa dari UNY, menyatakan bahwa kepala desa yang berprestasi akan diberikan fasilitas berbagi pengalaman, sehingga dapat ditiru oleh kepala desa yang lainnya.

Baca Juga:  Kecelakaan di Jalur Pantura Cirebon, Pemotor Berboncengan Tewas Terlindas Truk

“Percepatan pembangunan desa kuncinya satu yaitu meniru keberhasilan yang sudah diraih oleh Kepala Desa dan Desa yang berhasil, atau istilahnya replikasi atau kloning atau adopsi pada berbagai keberhasilan yang dilakukan atau diraih oleh desa lain,” pungkas Gus Menteri. (Red)