KPU Kota Depok Pastikan Pengawasan Logistik Pilkada 2020

JABARNEWS | DEPOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok memastikan pengawasan yang dilakukan terkait logistik untuk Pilkada 2020. Pilkada Kota Depok merupakan satu dari delapan Pilkada 2020 di Jawa Barat.

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan, pihaknya mengawasi produksi surat suara di perusahaan. Mulai dari penyerahan materi, pencetakan, penyortiran, pelipatan, sampai dengan packing dan pengiriman ke gudang.

“Seluruh kegiatan tersebut diawasi oleh pihak kami, agar kami dapat memastikan bahwa semua berjalan baik,” kata Nana di Depok, Minggu (15/11/2020), dilansir dari Antara.

Baca Juga:  Dapat Bantuan Rutilahu, Abah Wahyudin Warga Desa Bojongbarat Purwakarta Sumringah

Menurut dia, KPU bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Bawaslu melakukan peninjauan dan pengawasan produksi surat suara perusahaan percetakan di Kabupaten Bandung.

Jumlah surat suara yang tercetak, terang Nana, adalah jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.229.362 pemilih, ditambah 2,5 persen sebagai cadangan. Jadi, jumlah keseluruhannya 2.262.051 lembar surat suara.

“Kami mengestimasi surat suara tersebut akan masuk gudang kami, diperkirakan pada 24 November ini, atau bahkan bisa lebih cepat. Kami terus berupaya agar semua logistik bisa kami terima dalam waktu dekat ini,” katanya.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Tunggu Arahan Pusat Soal Endemi Covid-19

KPU Kota Depok saat ini tengah fokus kepada tahapan logistik. Tahapan logistik juga merupakan tahapan krusial dan penting yang memerlukan perhatian secara khusus.

Logistik pemilihan berupa surat suara merupakan salah satu instrumen penting tahapan dalam penyelenggaraan pemilu atau pilkada yang tidak boleh dianggap remeh.

Seperti halnya penyelenggaraan pilkada saat ini, pilkada sejatinya adalah kontestasi demokrasi, mencari dan memilih pemimpin dengan mekanisme pemberian hak suara oleh para pemilih.

Baca Juga:  Dua Pimpinan DPRD Purwakarta Datangi Kejaksaan, Ada Apa?

“Mekanisme memilih ini terekam dan teradministrasikan melalui surat suara. Jadi, logistik surat suara pilkada memiliki peran yang penting dalam suksesi kontestasi disamping instrumen logistik yang lain,” ujarnya.

Adapun logistik pilkada yang sudah diterima di gudang KPU Kota Depok, di antaranya, ialah kotak suara, bilik, segel, hologram, sampul dan lain sebagainya. (Ara)