Tips Naik Bus Tenang dan Aman dengan Protokol Kesehatan

JABARNEWS | JAKARTA – Untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman penumpang di masa pandemi Covid-19, DAMRI menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada seluruh pihak terkait, mulai dari operator, petugas terminal, maupun calon penumpang. Penerapan protokol kesehatan ini diharapkan dapat mencegah melonjaknya kasus positif Covid-19 di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Protokol kesehatan di dalam kendaraan diatur secara ketat mulai bus mau jalan, busnya ada penumpang, sampai kembali ke pool,” ujar Siti Inda Suri, Direktur SDM & Umum DAMRI.

Di dalam “bus sehat” yang dilengkapi protokol kesehatan ini, DAMRI memastikan pengaturan jaga jarak penumpang dengan batas maksimal jumlah penumpang hanya 50 persen. Bus juga dipastikan dalam keadaan bersih sebelum digunakan karena sudah melalui proses penyemprotan disinfektan.

Baca Juga:  Bupati Garut Minta Warga Kosongkan Pantai Selatan

Penyemprotan dilakukan pada seluruh area yang sering disentuh oleh pelanggan, seperti handgrip (pegangan bus), gagang pintu bus, kursi dan tempat duduk. Selain dilakukan pembersihan di dalam bus, untuk membudayakan pola hidup bersih sekaligus mengikuti protokol kesehatan, DAMRI juga menyediakan cairan pembersih tangan di dalam bus.

Seluruh penumpang dan pramudi juga diimbau untuk selalu pakai masker, mengukur suhu tubuh maksimal 37,3 derajat Celcius, cuci tangan sebelum masuk bus, serta menghindari berbicara saat di dalam bus.

“Di awal kami juga siapkan masker karena ketika itu orang belum terbiasa. Begitu juga kepada karyawan. Sekarang masker sudah banyak tersedia di pasaran dan ragamnya pun banyak,” terang perempuan yang akrab disapa Rini tersebut.

Baca Juga:  Kabar Baik.. Bersalin di Rumah Sakit Ini Langsung Miliki Akta Kelahiran

Selain itu, DAMRI memastikan pengemudi dan pegawai bebas Covid-19 dengan dilakukannya tes cepat setiap dua minggu serta melakukan penyemprotan disinfektan untuk sterilisasi terhadap seluruh bus sebelum dan sesudah beroperasi.

Rini menyebut, pihaknya sudah melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 ke seluruh pelanggan, petugas lapangan, serta karyawan di kantor pusat maupun cabang di seluruh Indonesia. Ia berharap pelanggan bisa tetap menikmati layanan DAMRI dengan nyaman dan tetap mengimbau kepada pelanggan untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terpapar virus.

“Dari ujung ke ujung protokolnya telah kami siapkan yang disosialisasikan ke semua karyawan dan penumpang. Kami juga melakukan pengawasan dengan melakukan reguler meeting, semua cabang akan melaporkan kondisi spesifik yang ada di kantor maupun di lapangan,” jelasnya.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Empat Remaja Pelaku Pembacokan di Sukabumi, Aksinya Bikin Merinding

Tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 juga terus dilakukan dengan memasang alat Ion Plasmacluster (alat untuk membersihkan udara) pada satu unit bus guna menghadirkan Bus Sehat yang aman dan nyaman. Ke depannya DAMRI akan terus menghadirkan Ion Plasmacluster pada seluruh armada di seluruh Indonesia.

“Itulah protokol yang dari sangat sederhana dan sekarang menjadi sangat lengkap. Dengan protokol ini, kami mencoba memitigasi semua kemungkinan di mana penyakit ini bisa mempengaruhi karyawan, terutama pelanggan,” tegas Rini. (Red)