Ridwan Kamil Beri Alasan Kenapa Investor Harus Berinvestasi di Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil alias Emil membeberkan sejumlah alasan mengapa para investor dari luar negeri harus menanamkan modalnya atau berinvestasi di Provinsi Jabar.

“Kita memiliki berita baik setelah hampir setengah tahun ini didera pandemi Covid-19. Mengapa berinvestasi di Jawa Barat, survei pertama karena kami memiliki infrastruktur yang berkualitas. Bulan depan,” kata Emil saat menjadi pembicara West Java Investment Summit (WJIS) 2020 secara virtual di Kota Bandung, Senin (16/11/2020).

Menurut dia, pada Desember 2020, ada pembukaan Pelabuhan Patimban, di Kabupaten Subang. Kemudian tahun depan direncanakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan segera rampung.

“Banyak juga pembangunan jalan tol seperti Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan akan segera tuntas dan banyak lagi infrastruktur,” kata Emil.

Baca Juga:  Imam Nahrawi Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Hibah KONI

Alasan kedua, mengapa investor berinvestasi di Jawa Barat ialah karena sumber daya manusia atau SDM berkualitas dan berdaya saing. Dengan dua kekuatan tersebut, Emil yakin, Jabar bisa bersaing dengan negara lain seperti Thailand dan Vietnam.

“Jadi Jawa Barat adalah wilayah paling kompetitif di Indonesia,” ujarnya.

Emil menuturkan, untuk menguatkan daya saing tersebut pihaknya berkomitmen untuk membenahi empat hal penting yakni pendidikan, infrastruktur berkualitas, stabilitas sosial politik dan reformasi birokrasi.

“Dan Jawa Barat berkomitmen membenahi empat hal ini juga menerapkan adaptasi kebiasaan baru,” kata mantan wali kota Bandung itu.

Emil optimis, Jabar bisa menjadi wilayah yang memiliki daya saing global terutama dalam urusan investasi, terlebih dengan adanya kawasan Rebana Metropolitan. Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara atay timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Bakal Kembali Diperiksa Polisi Soal Pelanggaran Prokes di Megamendung

Penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berjumlah 9,28 juta atau sekitar 18,82 persen dari total 49,3 juta jiwa penduduk Jabar per 2019.

Ridwan Kamil mengatakan dirinya tidak ingin masyarakat lokal yang berada di kawasan industri dan perkotaan baru di Jabar bernama Rebana Metropolitan hanya menjadi penonton saat daerah tersebut berkembang pesat dalam jangka waktu 10 hingga 30 tahun ke depan.

“Jadi suplai makanan bukan dari lokal, warganya jadi satpam, jadi office boy. Itu saya enggak mau. Setiap investor yang datang ke Jawa Barat harus bermitra dengan perusahaan lokal di Jawa Barat. Saya tidak mau Rebana berkembang dalam 10 hingga 30 tahun tapi masyarakat lokal hanya jadi penonton,” katanya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Penerapan PSBB Bandung Raya Sudah Siap 100 Persen

Agar hal tersebut tidak terjadi, ia meminta kepada bupati dan wali kota yang wilayahnya masuk dalam Kawasan Rebana Metropolitan agar menyiapkan sumber daya manusia yang andal agar bisa ikut serta dalam kawasan tersebut.

“Kepada bupati dan wali kota, tolong siapkan SDM-nya, bikin SMK aero di Majalengka, bikin SMK maritim di Kabupaten Subang, bikin SMK petrokimia di Indramayu. Jadi mari kita bekerja sama sebagai tim super untuk menjadikan Rebana Metropolitan sebagai kawasan terbaik dalam pembangunan kawasan urban di Indonesia,” kata dia. (Red)