Anne Ratna Mustika Sebut Sukasari Bakal Jadi Zona Wisata Unggulan Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Keindahan panorama alam di wilayah Kecamatan Sukasari, membuat Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika terpesona.

Menurut Anne, wilayah yang berada ujung Barat Kabupaten Purwakarta ini, memiliki keindahan alam tersendiri.

“Gunung-gunung yang menjulang tinggi, serta panorama alam yang masih asri di wilayah itu memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga wilayah ini (Sukasari.red) sangat potensial untuk dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata berbasis alam,” ujar Anne, saat ditemui disela-sela kegiatanya, Pada Senin (16/11/2020).

Dijelaskannya, Kecamatan Sukasari dikelilingi pegunungan yang masih ‘perawan itu’.

Baca Juga:  Cuaca Jawa Barat Hari Ini, Potensi Angin Kencang di Sejumlah Wilayah

Sehingga, menurut pengamatannya, wilayah ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata. Atas dasar itu pula, pihaknya akan ciptakan wilayah Sukasari dan sekitarnya menjadi zona pariwisata unggulan di kabupaten yang ia pimpin.

“Di wilayah tersebut, wisata alam dan wisata air yang akan ditonjolkan. Pertama, kita benahi dulu infrastrukturnya sebagai bagian dari persiapan kami mengembangkan wisata unggulan tersebut,” jelas wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu.

Ambu Anne menambahkan, selama ini di wilayah tersebut ada beberapa lokasi alam yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Sebut saja salah satunya, Curug Tilu di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp dan curug Cimata Indung, di Kampung Cisaat, Desa Sukasari.

Baca Juga:  Ngeri! Beredar Video Seorang Pria Dibacok Sekelompok Orang di Bandung

Anne memiliki alasan, kenapa penataan sektor wisata juga jadi prioritas kerjanya.

Karena, menurut Anne, sektor pariwisata akan jauh menguntungkan. Tentunya, hal itu akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan. Terutama di sektor pariwisata. Tentunya, tujuannya untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar,” jelas dia.

Baca Juga:  Waduh! Seorang Pria di Banjarsari Ciamis Bunuh Diri, Motivnya Bikin Geleng-geleng Kepala

Menurut Ambu Anne, rencana pengembangan sektor wisata di wilayah ini cukup realistis. Apalagi, infrastruktur pun sejauh ini sudah mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun akses jalur darat ke wilayah tersebut yang cukup memadai, yang juga terintegrasi dengan beberap kabupaten lainnya.

“Infrastrukturnya sudah mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun Jalur Lingkar Barat yang menjadi akses jalur darat baru ke wilayah tersebut,” ucap Ambu Anne. (Gin)