Pohon Tumbang Terjadi di Jalur Cipanas-Cianjur, Arus Lalulintas Terganggu

JABARNEWS | CIANJUR – Pohon tumbang terjadi di jalur utama Cipanas-Cianjur, Jawa Barat. Senin (12/11/2020), mengakibatkan antrean panjang kendaraan dari dua arah tersebut.

Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan mengatan dalam peristiwa tersebut beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja pohon yang besar tersebut menutup jalan nasional penghubung Cianjur-Bogor.

“Kami langsung berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyediakan alat berat dan mesin pemotong, agar proses evakuasi dapat dilakukan dengan cepat. Hingga sore menjelang, antrian kendaraan dari kedua arah terus memanjang karena petugas dan relawan masih melakukan evakuasi,” katanya.

Baca Juga:  Bawaslu Karawang: Praktik Politik Uang Berpotensi Terjadi pada Pilkada

Ia menjelaskan tingginya curah hujan sejak satu bulan terakhir, mengakibatkan sejumlah pohon tua berukuran besar tumbang, satu hari sebelumnya pohon tumbang terjadi di jalan utama Cianjur menuju selatan, tepatnya di Kecamatan Cibeber.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Saluran Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Sehingga pihaknya mengimbau pengguna jalan untuk ekstra hati-hati dan waspada saat melintas di jalur rawan pohon tumbang.

Ia menuturkan jalur rawan pohon tumbang tercatat mulai dari kawasan Puncak, Pacet, Cugenang, Jalan Raya Bandung-Cianjur, Jalan Raya Cianjur selatan dan Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, sehingga pihaknya mengimbau pengendara untuk waspada saat melintas dan tidak memarkir kendaraan di bawah pohon terutama di sejumlah titik di wilayah kota.

Baca Juga:  Kepala Sekolah Di Purwakarta Ini Khawatir Ruang Kelas Ambruk Menimpa Murid

“Kami upayakan sebelum malam, jalur Cipanas-Cianjur sudah dapat dilalui secara normal, guna menghindari macet total. Bahkan polres berencana untuk menutup jalur sementara mulai dari Tugu Lampu Gentur-By Pass, Cianjur, selama proses evakuasi berjalan,” katanya. (Red)