Pengalaman Satgas Garuda Bhayangkara FPU 2 saat Bertugas di Tengah Pandemi

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Salah satu personel Polres Serdang Bedagai, Bripka Saman bertugas di Satsabhara terpilih bergabung dalam satuan tugas misi perdamaian dunia di bawah organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Bangui, Afrika Tengah.

Bripka Saman bersama 140 Satgas Garuda Bhayangkara FPU 2 MINUSCA bertugas di Afrika Tengah mulai bulan September 2020 sampai bulan Oktober 2021 untuk menjaga perdamaian dengan ditugaskan sebagai driver kendaraan taktis.

Baca Juga:  Sambut Hari Pahlawan, Ini Kabar Baik Buat Guru dan Nakes

Di masa pandemi ini dia tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M saat melakukan patroli atau di posko.

“Mencegah terpapar Covid-19, tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan membawa hand sanitizer serta menjaga jarak dengan penduduk lokal,” katanya pada Jabarnews.com di Mapolres Serdang Bedagai, Senin (16/11/2020).

Menurutnya, saat tugas patroli rutin bersama Satgas Garuda Bhayangkara FPU 2 MINUSCA selaku mengimbau warga Afrika Tengah agar menggunakan masker dan selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Baca Juga:  BPJAMSOSTEK Tegaskan Dana Kelolaannya Aman

Ia menjelaskan, selain masalah keamanan, Covid-19, juga yang dihadapi pasukan Garuda Bhayangkara FPU 2 adalah masalah penyesuaian cuaca yang berbeda yaitu pada siang hari mencapai lebih dari 40 derajat celcius, sedangkan malam hari bisa mencapai 20 derajat celcius.

Baca Juga:  Dishub KBB Bakal Pasang Ratusan CCTV Guna Tunjang Pengawasan Mudik Lebaran 2022

“Bukan hanya menjaga keamanan dan Covid-19, masalah cuaca juga sangat berpengaruh pada pasukan Garuda Bhayangkara FPU 2,” terang Bripka Saman.

Masih kata dia, saat mendapat cuti kembali ke Indonesia, tetap melakukan test Swab agar keluarga yang ada di Indonesia tidak terpapar Covid-19.

“Pulang cuti tetap lakukan swab test untuk mencegah terpapar Covid-19,” ucapnya. (Ptr)