Antisipasi Banjir, Sebanyak 10 Sumur Imbuhan Dibangun di Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Guna mengurangi genangan air saat volume air cukup tinggi, sebanyak 10 sumur imbuhan di bangun untuk menyerap air, dan antisipasi terjadinya banjir di beberapa titik di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berharap dengan sumur imbuhan tersebut, titik-titik genangan air di Kota Bandung bisa lebih cepat surut dan masuk ke dalam tanah.

Baca Juga:  Tiga Remaja Buat Tembakau Sintetis, Dijual Lewat Instagram

“Tahap awal, membuat 10 titik bebagai uji coba, Insyaallah ke depan akan diperbanyak, ini prototipe yang pertama. Kalau lihat hasilnya ternyata efektif dan bagus ini bisa menjadi solusi mempercepat kita dalam menangani persoalan banjir di Kota Bandung,” unjar Oded sai meninjau sumur imbuhan di kawasan Rusunawa Cingised, Senin (16/11/2020).

Baca Juga:  Mengaku Anggota Polresta Bogor Kota, Ditanya Polisi Malah Kabur

Ia menambahkan, sumur ini akan diprioritaskan di wilayah cekungan Bandung yang paling dalam yaitu di daerah timur, Gedebage.

Kepala Balai Air Tanah, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ahmad Taufiq mengatakan sumur imbuhan ini mempunyai dua manfaat, yakni mengurangi genangan dan menambah cadangan air tanah.

Baca Juga:  Pasien Positif Covid-19 di RSUD Cikalongwetan Lebihi Kapasitas Ruang Isolasi

“Perangkatnya selain sumur, ada bangunan pengolah dengan beberapa langkah dan dengan instrumentasi. Sebelumnya kita lakukan penelitian dan monitoring. Ini efektif untuk kota-kota dengan genangan dan memperbaiki air tanah,” katanya.

Menurut dia, ujicoba sudah dilakukan tiga tahun. Sebelumnya dibangun di daerah Rancaekek, Cimahi, dan itu berhasil. (Red)