Kuningan Diguncang Gempa, Ini Keterangan BMKG Wilayah II Tangerang

JABARNEWS | KUNINGAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang mengumumkan adanya gempa yang berkekuatan 3,1 Skala Richter (SR) pada pukul 23:21:36 WIB, Selasa (18/11/2020) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengatakan, gempa bumi ini memiliki episenter terletak pada koordinat 6,9 Lintang Selatan (SL) dan 108,47 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer (km) Barat Laut Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada kedalaman atau hiposenter 6 kilometer.

Baca Juga:  Begini Kronologi Tabrak Lari yang Tewaskan Seorang Bocah di Bogor, Salah Siapa?

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter kata dia, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas Sesar Ciremai yang ada di sekitar Kuningan, Jawa Barat.

Baca Juga:  Lalu Muhammad Zohri Dihadiahi Pegadaian 1 Kilogram Emas

Dampak gempa bumi, kata dia, yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas II MMI.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Baca Juga:  Sinopsis Rasuk 2: Mahasiswa Kedokteran Miliki Indera Keenam

Hingga berita ini dibuat, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Hendro Nugroho. (Red)