Dinas KPP Jabar Bersama Pjs Bupati Cianjur Salurkan Bantuan Untuk Koban Banjir

JABARNEWS | CIANJUR – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (KPP) Provinsi Jawa Barat melakukan penyaluran bantuan beras untuk warga yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur, Rabu (18/11/2020).

Kepala Dinas KPP Jabar, Jafar Ismail mengatakan, bantuan yang diberkannya tersebut untuk membantu meringankan beban kebutuhan pokok mereka.

Baca Juga:  Asyik! Jokowi Minta Kritik, Yakin?

“Bantuan diberikan sebanyak 19.287 kilogram beras (sekitar dua ton) untuk mencukupi kebutuhan sebanyak 9.000 jiwa penerima manfaat selama 30 hari ke depan,” kata Jafar, Rabu (18/11/2020).

Ia juga mengatakan, beras yang di salurkan oleh Dinas KPP tersebut berasal dari beras cadangan yang disediakan oleh pemerintah, seperti yang tertuang dalam Permentan Nomor 11 tahun 2018, pemerintah menetapkan cadangan nasional beras. Baik itu pusat provinsi atau kabupaten.

Baca Juga:  Tujuh Kecamatan di Cianjur Diterjang Bencana, Herman Suherman Instruksikan Seluruh Dinas Waspada

“Hal ini untuk mengantisipasi kekurangan cadangan pangan masyarakat,” ujarnya.

Terpisah dari Jafar, Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudradjat Abdurachim menyampaikan, penyaluran beras ini diharapkan agar warga yang menerimanya bisa terbantu untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka.

Baca Juga:  Istri Wagub Uu Masuk Bursa Pertarungan Pilkada Tasikmalaya

“Distribusi bertujuan untuk mewujudkan ketahanan serta kedaulatan pangan,” kata Dudi.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sebagai antisipasi kekurangan cadangan pangan korban banjir.

“Akibat luapan sungai Cisokan beberapa waktu lalu,” pungkasnya. (Mul)