Ponsel Juga Perlu Rutin Dibersihkan Agar Bebas Virus Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Pandemi Covid-19 mengajari kita kebiasaan baik, seperti mencuci tangan, menutupi hidung dan mulut, menjaga jarak, dan rutin membersihkan permukaan yang biasa disentuh untuk menghindari risiko infeksi. Anda mungkin termasuk orang yang rajin membersihkan rumah, tapi apakah juga membersihkan ponsel?

Rata-rata orang memeriksa ponsel 96 kali sehari. Namun, ponsel bukanlah satu-satunya benda yang dipegang atau disentuh. Ada juga tas belanjaan, gagang pintu, dan permukaan lain, yang mungkin mengandung ribuan kuman, virus, dan bakteri, termasuk virus corona.

Setiap kali menyentuh ponsel dengan tangan kotor, kuman berpindah ke layar. Bahkan, saat memegang telepon dekat dengan telinga dan mulut ketika berbicara, berbagai jenis patogen ditransfer ke telepon, yang dapat dengan mudah membuat sakit.

Baca Juga:  Penghargaan Kemenkes: Kota Bandung, Sebagai Kawasan Tanpa Rokok

Tidak salah untuk mengatakan ponsel adalah salah satu barang terkotor yang ditemui setiap hari. Sesuai studi 2017 yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Arizona, ponsel membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada kebanyakan dudukan toilet karena kebanyakan orang sulit membersihkan ponsel sehingga kuman dan bakteri terus menumpuk.

Ponsel mengandung kuman seperti E. coli, influenza, dan Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Jadi, untuk mencegah risiko infeksi, penting untuk membersihkan permukaan ponsel secara rutin.

Baca Juga:  Sampah Masih Jadi Penyebab Banjir, Program Kang Pisman Masih Harus Diperluas

Cara mendisinfeksi ponsel – Untuk membersihkan sebagian besar permukaan, sabun dan air sejauh ini dianggap sebagai cara terbaik dan efektif. Karena tidak dapat menggunakan air di ponsel, lebih baik menggunakan tisu alkohol.

Tisu basah jenis ini dapat dengan mudah membunuh sebagian besar kuman dan bakteri yang ada di permukaan ponsel, tetapi memiliki beberapa kekurangan. Jika permukaan ponsel berlumuran minyak, maka permukaannya mungkin sulit dibersihkan dengan benar karena tisu sulit menembus mikroba dan menghilangkannya dari permukaan yang terkena minyak.

Baca Juga:  Sebanyak 20 Warga India Dievakuasi di Perairan Nias Barat

Untuk memastikan ponsel dibersihkan dengan baik, pertama lepaskan sarung dan bersihkan ponsel dan sarung dengan kain katun. Kemudian, ambil kain, tuangkan alkohol pada kain dan seka serta bersihkan ponsel dengan benar.

Penting untuk membersihkan ponsel beberapa kali sehari. Jika mencuci tangan dengan baik maka Anda mungkin harus melakukannya hanya dua atau tiga kali sehari. Jika pernah berada di sekitar seseorang yang batuk atau bersin, sebaiknya bersihkan ponsel. (Red)