Dedi Mulyadi Usulkan Gunung Burangrang dan Cikuray Jadi Taman Nasional

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi mendorong untuk mengubah status Gunung Burangrang dan Cikuray menjadi taman nasional.

Dedi Mulyadi mengatakan usulan perubahan status dua gunung menjadi taman nasional itu berdasarkan pertimbangan menjaga kelestarian alam dan makhluk hidup di dalamnya.

“Insya Allah Gunung Cikuray dan Burangrang didorong untuk berubah status jadi taman nasional. Pertimbangan-pertimbangan konservasi jauh lebih penting dibanding pertimbangan apa pun. Aspek ekonomi itu bisa didapatkan dari konservasi,” kata Dedi Mulyadi melalui sambungan telepon, Kamis (19/11/2020) malam.

Baca Juga:  Kendalikan Harga Sembako, Diskoperindag Cianjur Bentuk Satgas Pangan

Mantan Bupati Purwakarta itu menjelaskan, Gunung Burangrang memiliki peran yang kuat dalam menjaga kelestarian alam di sejumlah daerah sekitarnya, yakni Subang, Purwakarta dan Bandung Barat.

Baca Juga:  Kekeringan, Pemkab Purwakarta Salurkan 12 Ribu Liter Air Bersih

“Di situ melahirkan banyak aliran air, sungai, udara menjadi terjaga. Selain itu, di dalamnya juga banyak macan tutul,” jelasnya.

Sementara untuk Cikuray, Dedi Mulyadi menuturkan, area yang akan didorong menjadi taman nasional adalah seluas 15.000 hektar. Gunung yang berlokasi di Garut itu juga menjadi habitat satwa-satwa yang langka dan dilindungi.

Selain untuk menjaga kelestarian alam, Dedi Mulyadi mengatakan, perubahan status dua gunung di Jabar itu bertujuan untuk mencegah perubaan fungsi yang sering dilakukan di daerah yang godaan ekonominya tinggi tanpa mempertimbangkan konservasi.

Baca Juga:  Warga Manfaatkan Mata Air Tirta Alam

Ia berharap proses perubahan status tersebut segera terealisasi. Komisi IV terus melakukan pembahasan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengenai usulan tersebut.

“Mudah-mudahan segera terealisasi,” harapnya. (Red)