Digelar Secara Daring, ITB Jadi Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia 2020

JABARNEWS | BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional 2020 yang digelar secara daring diikuti oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai 16-24 November 2020.

Ketua Dewan Juri KRI Nasional, Benyamin Kusumoputro mengatakan, KRI Nasional tahun 2020 diselenggarakan dalam beberapa tahap. Pada tahap awal seluruh calon peserta harus melalui dua kali seleksi (seleksi proposal dan seleksi kemajuan robot), peserta yang lolos seleksi diundang untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia Tingkat Wilayah.

Baca Juga:  Gempa Bumi Tektonik 3,9 Tapanuli Utara, Warga Tarutung Sempat Panik

“Tim peserta dengan prestasi terbaik pada tingkat wilayah, diundang untuk mengikuti KRI Tingkat Nasional. Pada tingkat nasional, terdapat 150 tim peserta yang akan bertanding dari 67 perguruan tinggi yang berbeda. Karena pandemi COVID-19, maka penyelenggaran KRI Nasional 2020 harus diselenggarakan secara daring,” kata Benyamin dalam keterangan yang diterima, Kamis (19/11/2020).

Dia menjelaskan, selain dengan protokol kesehatan, dua tantangan utama yang harus dihadapi dalam pelaksanaan KRI Daring 2020 adalah fairness dan fairplay.

“Fairness berarti semua tim memiliki kemampuan teknologi dan infrrastuktur pendukung yang sama. Sementara fairplay yakni semua tim yang mengikuti kontes bisa bermain dengan jujur dan tanpa melakukan kecurangan apapun,” jelasnya.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] 3M, Stop Covid-19

Sementara itu, Sekretaris Institut Institut Teknologi Bandung, Widjaja Martokusumo mengapresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan KRI Tingkat Nasional secara daring di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

“Ajang KRI untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam berinovasi dengan ide idenya, agar pemikiran dan gagasan mereka lebih terasa di masyarakat, lebih produktif, dan mampu berkarya,” ucap Widjaja.

“Kita perlu mengapresiasi kepada panitia dan mahasiswa yang sangat penuh dedikasi dalam mengikuti dan mendukung kegiatan ini, di tengah pandemi Covid-19, yang terpaksa harus mengubah gaya hidup dan cara berkomunikasi, termasuk dalam mengadakan lomba seperti ini,” tambahnya.

Baca Juga:  DPRD Serdang Bedagai Minta Dinas PUPR Perbaiki Jalan Desa Penggalangan

Untuk diketahui, ada 6 divisi lomba yang akan dipertandingkan pada KRI Tingkat Nasional 2020, yaitu:

  1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI);
  2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI);
  3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda;
  4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid;
  5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan
  6. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yang baru diselenggarakan mulai tahun 2019 lalu. (Rnu)