Ada Kabar Baik Bagi Yang Ingin Pencairan BLT UMKM di Bank BRI, Simak Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti diketahui sebelumnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerima pencairan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pelaku Usaha Mikto Kecil Menengah (UMKM) sebesar Rp2.4 juta.

Pendaftaran BLT UMKM pada tahap kedua ini dibuka sejak tanggal 13 Oktober 2020 sampai dengan akhir November 2020 mendatang.

Program hibah BLT UMKM Rp2,4 juta atau BPUM merupakan salah satu pemulihan ekonomi nasional dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Sasaran target penerima yang mendapat dana BLT UMKM BPUM senilai Rp2,4 juta ialah pengusaha mikro yang tengah terdampak krisis ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Namun BLT UMKM Rp 2,4 juta hanya diperuntukan untuk kalangan UMKM tertentu saja, antara lain adalah yang memenuhi 6 syarat dibawah ini.

Namun, bagi Anda yang memiliki kendala pencairan karena tidak memiliki rekening BRI masih bisa melakukan pencairan tersebut dengan cara melakukan beberapa tahap ini.

Baca Juga:  Jadi Profesi yang Rendah Peminat, Uu Ruzhanul Ulum Sebut Petani Identik dengan Keluarga Kurang Sejahtera

Untuk mendapatkan bantuan BLT UMKM Rp 2,4 juta ini Anda harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:

  1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan memiliki nomor induk kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari lembaga pengusul.
  3. Memiliki rekening bank di bank HIMBARA yang bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM Program Banpres Produktif.
  4. Bagi pelaku usaha yang juga anggota ASN, PNS, TNI/Polri, dan pegawai BUMN/BUMD tidak diperkenankan mendapatkan bantuan UMKM tersebut.
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.
  6. Bagi pemilik KTP dengan alamat usaha berbeda, maka dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Untuk mengecek apakah nama Anda terdaftar sebagai daftar penerima BLT UMKM Rp2,4 juta, para calon pendaftar bisa masuk ke link BRI untuk mengecek namanya apakah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM Rp2,4 juta dengan hanya menggunakan NIK KTP saj

Berikut ini cara cek data penerima BLT UMKM Rp2,4 juta melalui link https://eform.bri.co.id/bpum;

  1. Klik e-form BRI (https://eform.bri.co.id/bpum)
  2. Klik BPUM (Cek Data BPUM)
  3. Masukkan Nomor KTP dan Kode Verifikasi
  4. Klik proses Inquiry
Baca Juga:  Ini Ungkapan Menyentuh Ridwan Kamil Untuk Arka Adik Eril

Selanjutnya, para pendaftar yang terverifikasi dalam https://eform.bri.co.id/bpum akan menerima SMS notifikasi terkait pencairan BLT Banpres PUM dari BRI-Info.

SMSnya akan bertuliskan seperti ini: “Nsb Yth …, pemilik rek ….., Anda terdaftar sbg penerima Banpres Produktif (BPUM), hub BRI terdekat utk verifikasi & pencairan”.

Jika telah mendapatkan SMS seperti diatas, para pemilik UMKM dapat mencairkan BLT UMKM Rp2,4 juta atau Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) dengan datang ke Bank BRI terdekan dengan membawa dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Buku tabungan
  2. Kartu ATM
  3. KTP atau identitas diri lainnya
  4. Surat Pernyataan yang ditanda-tangani oleh aparat Desa setempat
  5. Notifikasi pemberitahuan penerima Banpres Produktif (BPUM) sendiri tidak hanya terbatas pada mereka yang telah memiliki rekening BRI.
Baca Juga:  Wah! Penampungan Sampah di TPS Ciwastra Kota Bandung Over Capasity

Meskipun mendapatkan SMS dari bank BRI namun bukan berarti bantuan BLT UMKM BPUM senilai Rp2,4 juta hanya untuk nasabah bank BRI saja. Bagi pelaku usaha mikro yang tidak punya rekening BRI, masih bisa dapatkan dana dan tentu saja mencairkan dana bantuan.

Caranya adalah bagi penerima yang tidak memiliki rekening BRI tetapi memperoleh pesan pemberitahuan bisa datang ke kantior BRI dan membawa identitas diri atau KTP untuk dibuatkan rekening. (Red)