Operasi Yustisi, Polisi di Purwakarta Masih Temukan Warga Tak Bermasker

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam mendukung aturan pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19, Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Plered, Polres Purwakarta melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus berasal dari kota Wuhan, China itu.

Saat menggelar operasi yustisi, pada Jumat (20/11/2020), jajaran Polsek Plered masih menemukan warga yang tidak menggunakan masker.

Dipimpin oleh Kapolsek Plered, Kompol Winarsa bersama personelnya melaksanakan operasi yustisi di depan Mako Polsek Plered. Dalam kegiatan tersebut melibatkan 8 personal Polsek Plered, 4 personel Satpol PP dan 3 personal Dishub.

Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Plered, Kompol Winarsa, mengatakan, Oprasi ini menerapkan upaya mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 dengan sasaran pengguna jalan yang tidak menggunakan masker di luar rumah.

Baca Juga:  Duh, Belasan Pelajar SMK di Bogor Terciduk Sedang Teler Akibat Miras

“Masih ada saja warga yang ditemukan oleh petugas operasi yustusi yang tidak menerapkan protokol kesehatan, sehingga harus mendapatkan tindakan berupa bentuk teguran,” ungkap Winarsa.

Ia mengaku, kegiatan operasi yustisi tersebut selalu dilaksanakan oleh personel Polsek Plered secara humanis dan persuasif, yang digelar secara stasioner dan mobile dalam setiap harinya.

“Jika keluar rumah wajib menggunakan masker guna mencegah penyebaran Virus Corona di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta,” imbau Kapolsek.

Guna meningkatkan kewaspadaan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19, lanjut Winarsa, petugas gabungan akan terus melaksanakan protokol kesehatan dengan menyosialisasikan khususnya pengendara dan masyarakat Plered ataupun yang melintas di Kecamatan Plered untuk menggunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan.

Baca Juga:  Hadir di Purwakarta, Fitur Hyundai Creta: Mesin Smartstream G1.5, Teknologi Terkoneksi Bluelink

“Tak hanya itu, Kita juga akan terus melaksanakan kegiatan pre-emtif ini termasuk membagikan masker gratis kepada mereka yang tak menggunakan masker. Jika masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan setiap kegiatan di luar rumah, diharapkan penularan Covid-19 bisa ditekan dan mudah-mudahan segara berakhir,” harapnya.

Ia berharap agar masyarakat dapat memahami dan tetap menaati aturan pemerintah dan tidak meremehkan persoalan Covid-19 ini.

Baca Juga:  Sandang Gelar Doktor, Cucun Ahmad Syamsurija Acungi Jempol Penanganan Krisis di Indonesia

“Mari kita saling mengingatkan, saling bertukar informasi, laksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah dengan penuh kesadaran akan pentingnya kesehatan, untuk kita diri sendiri dan orang lain.” ucap Winarsa.

Kapolsek Plered meyakini dengan adanya kerja sama dari berbagai elemen masyarakat dalam gerakan 3M, Covid-19 yang tengah mewabah ini bisa segera teratasi.

“Kami berharap, masyarakat dapat lebih aware dengan melindungi diri dan keluarga dari terpaparnya Covid-19. Kami akan terus mengajak masyarakat untuk selalu ‘Ingat Pesan Ibu’, yaitu menerapkan protokol kesehatan 3M, dengan Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun,” pungkasnya.(Gin)