H-30 Pilkada 2020, Ini Penilaian Pangdam Siliwangi Soal Kondisi Keamanan

JABARNEWS | BANDUNG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menilai bahwa kondisi delapan daerah yang menggelar Pilkada 2020 di Jawa Barat relatif kondusif. Meski begitu, aparat kewilayahan tetap harus bersiaga.

“Meskipun Jawa Barat saat ini cukup kondusif, tidak berarti kita boleh lengah,” kata Nugroho, dalam rapat persiapan 30 hari menjelang pemungutan suara Pilkada 2020 di wilayah Provinsi Jabar, yang digelar di Bandung, Senin (9/11/2020).

Baca Juga:  Jika Penyidik Dinilai Cacat, Kejari Cirebon Persilahkan Nurhayati Gugat Prapeadilan

Menurut dia, rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka mengukur kesiapan KPU Jabar beserta jajarannya dalam menggelar Pilkada 2020. Di Jabar, pilkada dihelat di Kabupaten Bandung, Cianjur, Indramayu, Karawang, Pangandaran, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Kota Depok.

Nugroho menyampaikan, pemungutan suara pada 9 Desember mendatang harus menjadi ajang unjuk kompetensi program dan kapabilitas para calon, untuk mendapatkan kepercayaan rakyat yang akan memilih pemimpin daerah.

Baca Juga:  Israel Serang Kembali Warga, DPR RI Minta Pemerintah Dukung Upaya Kemerdekaan Palestina

“Dalam pelaksanaanya, perlu adanya sinergitas yang baik antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah, bersama seluruh komponen masyarakat Jawa Barat, baik terkait dengan pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020,” tuturnya.

Nugroho menegaskan, netralitas TNI dalam penyelenggaraan pemilihan tak perlu diragukan lagi. TNI, kata dia, sangat berkepentingan agar Pilkada 2020 ini dapat berjalan dengan sukses, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Baca Juga:  Cerita Nelayan yang Terdampar di Pantai Santolo Garut: Terombang-ambing Selama Tiga Hari!

“Ini sesuai dengan tugas dan perannya, TNI dalam hal ini Kodam III/Siliwangi akan selalu mendorong agar pilkada dapat dilaksanakan dalam suasana aman dan tertib. Salah satu peran TNI terhadap kesuksssn pilkada adalah konsisten untuk tetap netral,” katanya.

Nugroho mengingatkan bahwa saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Kodam III/Siliwangi pun akan mendukung sepenuhnya penegakan displin protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19. (Yoy)