Di Polda Jabar, Burhanudin Mengaku Tak Izinkan Acara Rizieq Shihab

JABARNEWS | BANDUNG – Setelah diperiksa selama 10 jam, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin bersama sejumlah pejabat Pemkab Bogor keluar dari Mapolda Jawa Barat, Jumat (20/11/2020).

Ditreskrimum Polda Jabar memeriksa mereka terkait dengan kerumunan massa dalam kegiatan yang dihadiri Rizieq Shihab, di Megamendung, Kabupaten Bogor, belum lama ini. Pemeriksaan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB berakhir pada pukul 20.30 WIB.

Selain Burhanudin, mereka yang juga mendatangi Mapolda Jabar terkait penyelidikan itu ialah Alwasyah Sudarman (Kades sukagalih Megamendung), Endi Rismawan (Camat Megamendung), Agus Ridallah (Kasatpol PP Pemda Bogor), Kusnadi (Kades Kuta), Marno (Ketua RT 1), dan Aiptu Dadang Sugiana (Babinkamtibmas).

Baca Juga:  Boikot Pelantikan Pilkades, Ribuan Massa Bakal Duduki Pemda Karawang

Adapun Bupati Bogor Ade Yasin dan Ketua RW Agus berhalangan hadir karena alasan kesehatan. Sementara panitia yang juga anggota Front Pembela Islam (FPI), Habib Muchsin Alatas tidak datang tanpa keterangan.

Burhanudin mengaku, kehadirannya ke Mapolda Jabar ialah sebagai Sekda Kabupaten Bogor, yang sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bogor.

Baca Juga:  Maling Tabung Gas di Tanjungbalai Ditangkap Polisi, Berawal dari Ini

“Saya sudah sampaikan (jawaban), beberapa pertanyaan klarifikasi yang diminta. Tadi saya ditanya total kurang lebih 50 pertanyaan, kalau tadi Pak Kasatpol itu katanya ditanya 34 pertanyaan,” kata Burhanudin.

Ia menegaskan, Pemkab Bogor tidak pernah mengeluarkan izin acara yang dihadiri Rizieq Shihab di Megamendung itu. Pihak panitia acara di Megamendung pun tidak pernah mengajukan perizinan keramaian.

“Kami dari gugus tugas tidak pernah mengeluarkan perizinan dan dari panitia tidak pernah mengajukan perizinan ke gugus tugas maupun ke kapolres,” terang dia.

Baca Juga:  Jadwal SIM Keliling Subang Kamis 8 Juni 2023

Sebelumnya, terjadi kerumunan massa saat kedatangan Rizieq Shihab di Pesantren Alam dan Agrokultural Markas Syariah FPI yang terletak di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (13/11/2020) lalu.

Massa pendukung Rizieq Shihab tumpah ruah di sepanjang jalan Tol Ciawi hingga simpang Gadog, Bogor. Mereka menyambut kedatangan rombongan Rizieq Shihab ke daerah Megamendung. (Yoy)