aqua

Gus Menteri Yakin Provinsi Kepulauan Babel akan Alami Kemajuan

Bumi Serumpun Sebalai, resmi menjadi daerah otonom baru, yang dimekarkan dari Provinsi Sumatera Selatan, menjadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gus Menteri (kanan) mengikuti rangkaian upacara peringatan hari jadi Babel ke-20 di kantor gubernur Babel, Sabtu (21/11/2020). (Foto: Kemendes PDTT)

Sebagai implementasi kebijakan desentralisasi, melalui Undang-undang Nomor 27 Tahun 2000, Bumi Serumpun Sebalai, resmi menjadi daerah otonom baru, yang dimekarkan dari Provinsi Sumatera Selatan, menjadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurutnya, kebijakan desentralisasi yang menghendaki adanya pengalihan kewenangan, serta banyak sumber daya dari pusat ke daerah telah menciptakan percepatan pertumbuhan daerah administratif baru di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Karena itulah, pemekaran daerah, sejatinya merupakan konsekuensi logis dari diterapkannya kebijakan desentralisasi.

Baca Juga:

Gus Menteri: Tiap Desa Hanya Satu BUMDes, Tapi Boleh Banyak Unit Usaha

Konsep SDGs Desa Kemendes PDTT Dipuji IFAD Indonesia



Kebijakan pemekaran daerah dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengembangkan dan memperkukuh demokrasi lokal, memaksimalkan akses publik ke pemerintahan, mendekatkan pemerintah dengan rakyatnya, serta menyediakan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Sebagai provinsi baru hasil pemekaran, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menunjukkan prestasi membanggakan dalam pencapaian tujuan pemekaran daerah. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada tahun 2012, APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai Rp1,4 Triliun dengan total Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp420 Miliar.

“Kemudian pada tahun 2020, APBD Kepulauan Bangka Belitung mencapai Rp2,4 triliun dengan kekuatan PAD sebesar Rp963 miliar,” jelasnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Gus Menteri Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar HUT Provinsi Kepulauan Babel Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Kepulauan Babel Bumi Serumpun Sebalai Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

RPP BUM Desa Rampung, Ini Harapan Gus Menteri kepada Sri Mulyani

Ini Kabar Gembira untuk Pendamping Desa dari Gus Menteri

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi