Orang Tua Harus Perhatikan Ini Jika Anak Kembali Sekolah saat Pandemi

JABARNEWS | JAKARTA – Orang tua perlu menyiapkan anak-anak sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka pada tahun ajaran genap, Januari 2021. Psikolog anak Gisella Tani Pratiwi mengatakan sebagai langkah awal orang tua harus memastikan anak memahami situasi pandemi Covid-19.

“Mengenalkannya bisa melalui cara-cara yang ramah anak. Misal dengan buku cerita atau video anak yang bisa dicari di internet,” ujarnya.

Baca Juga:  Indonesia Delegasi Dua Anak, Usung Isu Perdamaian di ACF 2018

Kedua, anak wajib terlatih mengikuti protokol kesehatan. Ketiga, orang tua harus memastikan sekolah menerapkan protokol kesehatan.

Keempat, ajak anak mengamati dan memahami proses belajar mengajar, terutama bagi yang baru masuk di kelas 1 SD. Hal ini bisa dilakukan melalui video, buku cerita, atau bermain pura-pura sekolah. Dengan demikian, anak bisa paham aturan dalam kelas yang mungkin lebih tegas dan butuh sikap belajar yang lebih serius.

Baca Juga:  Setiawan Wangsaatmaja Dorong Pasar Produk Penyandang Disabilitas Diperluas

“Misal tentang jenis tugas, cara berkomunikasi kepada guru, dan sistem pengajaran di sekolah yang dituju,” sebutnya.

Kelima, usahakan anak sudah terlatih memiliki sikap belajar yang memadai. Misalnya, bagaimana memusatkan perhatian dalam jangka waktu tertentu, memahami instruksi dari guru, dan menaati peraturan yang diberikan.

Keenam, kenalkan jadwal yang baru ketika akan masuk sekolah. Ketujuh, persiapkan anak untuk beradaptasi pada kebiasaan belajar yang baru.

Baca Juga:  Warga Ratawangi Ciamis Gerebek Pasangan Selingkuh, Istri Ngaku ke Suami Telah Poliandri dengan Sopir Pribadinya

Menurut Gisella, ada saatnya anak mandiri, terutama ketika di kelas dengan guru dan murid-murid lain. Selain itu, dia memaparkan ada saat anak masih mendapat bimbingan dari orang tua, misalnya selepas kegiatan di kelas.

“Terakhir, ajak anak mengenali sisi menyenangkan dari sekolah. Bicarakan manfaat yang akan dia dapatkan,” jelasnya. (Red)