Cegah Kendaraan Tonase Besar, Jalan Kalimalang Akan Dipasangi Alat Ini

JABARNEWS | BEKASI – Timbangan portabel rencananya akan dipasang di Jalan Inspeksi Kalimalang guna mengetahui tonase kendaraan yang melintasi ruas jalan tersebut

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Aat Barhaty mengatakanhal tersebut dilakukan untuk mencegah kendaraan dengan tonase besar yang seringkali melintas kerap menyebabkan jalan menjadi retak dan rusak.

“Nanti ada catatan khusus yang akan diberikan kepada pengelola kawasan industri terkait berat tonase kendaraan,” kata Aat Barhaty, Senin (23/11/2020).

Baca Juga:  Informasi Jadwal Azan Magrib Hari Ke-26 Untuk Wilayah Kabupaten Purwakarta

Dalam rencanya itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi saat ini sedang melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait rencana pembangunan timbangan portabel tersebut.

“Dari sana kajian kami akan direalisasikan, khususnya terkait berapa titik pembangunan serta harga timbangan portabel yang sesuai dengan kondisi Jalan Kalimalang ini,” katanya.

Baca Juga:  Akibat Hujan Deras, 16 Titik di Kota Sukabumi Ini Diterjang Banjir dan Longsor

Menurut dia seharusnya Jalan Inspeksi Kalimalang hanya boleh dilalui kendaran dengan tonase tidak lebih dari delapan ton namun faktanya banyak kendaraan dengan tonase yang lebih besar tetap melintas di jalan tersebut.

“Timbangan portabel ini dibangun guna mengetahui berapa sebenarnya berat tonase kendaraan yang sering melewati Jalan Kalimalang,” katanya.

Baca Juga:  Pria Purwakarta Coba Bunuh Diri Pakai Golok, 2 Anaknya Diracun Tikus

Selain timbangan portabel, pihaknya juga akan membangun portal di titik-titik tertentu dengan tujuan agar tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang menuju ke kawasan industri atau ke arah lainnya.

“Sebagaimana perintah Bapak Bupati Bekasi, kita juga akan memasang portal di 2021 mendatang,” kata dia. (Red)