Wagub DKI Jakarta Diperiksa 8 Jam Terkait Acara Rizieq Shihab

JABARNEWS | JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengaku dicecar 46 pertanyaan oleh penyidik polisi terkait kerumunan di kediaman pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, dua pekan lalu. Hal itu dikatakan Riza usai merampungkan pemeriksaan.

Riza sebelumnya diperiksa penyidik Polda Metro Jaya sebagai saksi terkait acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW maupun pernikahan putri Rizieq Shihab tersebut. Riza tiba di Mapolda Metro Jaya pada pukul 11.00 WIB dan keluar sekitar pukul 18.30 WIB, Senin (23/11).

“Dalam pelaksanaannya dari jam 11 lewat sampai jam 19, kurang lebih 8 jam termasuk istirahat siang, sore Ashar dan Magrib, ada 46 pertanyaan 16 halaman. Dan saya terima kasih kepada teman-teman media yang selama ini membantu pencegahan penanganan Covid dan mengampanyekan dan sosialisasi juga memberikan informasi fakta data apanya,” ujar Riza, dilansir dari laman Merdeka.com.

Baca Juga:  33 KK Warga BSI Depok Dievakuasi Akibat Ketinggian Banjir Capai 2 Meter

Dia mengatakan penyidik menanyakan sejumlah hal terkait acara tersebut. Termasuk masalah timbulnya kerumunan di Petamburan dan Tebet pada acara Rizieq Shihab.

“Tadi keterangan yang saya sampaikan terkait identitas diri pekerjaan, jabatan tugas, wewenang, dan pertanyaan lain seperti masalah di Tebet dan juga Petamburan. Detailnya silakan teman-teman tanyakan ke penyidik. Saya kira itu,” ujarnya.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya juga memanggil Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria untuk memberikan keterangan soal kerumunan di Petamburan yang melanggar protokol kesehatan di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di Jakarta.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Kita Sudah Memasuki Gelombang Ketiga COVID-19

Ia memenuhi panggilan Polda Metro Jaya dan tiba Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.00 WIB, Senin (23/11/2020).

“Akan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait klarifikasi di Petamburan saya akan memberikan keterangan fakta dan data apa adanya sejauh yang saya ketahui sesuai dengan peraturan perundang-undangan ketentuan yang ada,” ucap Riza.

Riza berharap agar keterangannya dapat memberikan kejelasan bukan hanya bagi polisi, melainkan juga semua pihak.

“Jadi tidak ada yang saya tambahkan, dan juga tidak ada yang saya kurangin. Mudah-mudahan keterangan saya bisa memberi manfaat memberikan kejelasan sehingga terang benderang apa yang diharapkan semua pihak secara adil dan proporsional,” sebutnya

Baca Juga:  Besok! Deretan Artis Tanah Air Siap Gemparkan Blitar dalam Road to Kilau Raya MNCTV

Ia pun telah menyiapkan sejumlah berkas untuk membantu polisi memperjelas duduk masalah timbulnya kerumunan massa di lokasi rumah Rizieq Shihab.

“Ya berkas yang disiapkan ya biasa aja, peraturan aja, Pergub dan lain-lain, Kegub dan sebagainya ya. Udah ada staf udah bawah berkas-berkas yang diminta,” katanya.

Riza bertutur bahwa dirinya bakal memberikan keterangan kepada pihak berwajib sejelas mungkin.

“Yang di undangan (klarifikasi soal) Petamburan ya, apa pun nanti yang ditanya mau yang di mana kapan pun kami akan memberikan keterangan. Prinsipnya saya sebagai warga negara harus memenuhi tugas dan kewajiban saya di antaranya memenuhi undangan klarifikasi atau undangan lainnya,” pungkasnya. (Red)