Epidemiolog Ingatkan Potensi Kasus Covid-19 dari Pilkada dan Liburan

JABARNEWS | BANDUNG – Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Makassar, Prof. Ridwan Amiruddin, khawatir Pemilihan Kepala Daerah dan libur panjang pergantian tahun 2020-2021 bisa memicu lonjakan kasus Covid-19.

“Jadi ini dua agenda yang kami sedikit khawatirkan, jangan sampai ada pemicunya dan terjadi klaster baru di libur panjang dan Pilkada awal Desember,” katanya dilansir dari laman Tempo.co.

Baca Juga:  Inilah Jadwal dan Lokasi SKD CPNS 2020 di Kota Bandung

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Pertumbuhan kasus Covid-19 yang fluktuatif dinilai masih sangat rawan dan berpotensi terjadinya lonjakan kasus, terlebih jika masyarakat abai terhadap protokol kesehatan.

Saat ini, klaster libur panjang pada Oktober 2020 sudah terlihat. Akibatnya, angka positivity rate yang sebelumnya di angka 3 persen sekarang naik menjadi 11 persen.

Baca Juga:  Lagi Transaksi, Pengedar Narkoba Asahan Ditangkap

“Satu pekan terakhir ada kecenderungan meningkat sedikit meski tidak terlalu signifikan. Itu akumulasi dari liburan yang panjang, akumulasi klaster keluarga, dan kantor,” katanya.

Ia berujar, Covid-19 hanya bisa diatasi dengan disiplin Covid-19, yakni melalui gerakan 3M, memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak.

Baca Juga:  Dinilai Efektif di Jabar, Ridwan Kamil Ingin Bentuk Indonesia Bergerak

“Jadi kami dari Satgas sangat mengharapkan pada paslon (pasangan calon), KPU, maupun Bawaslu tetap disiplin protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada sehingga tidak menjadi pemicu untuk peningkatan kasus di wilayah kita,” urainya. (Red)