Cianjur Catat Ada Kasus Pertama Klaster Keluarga, 18 Orang Positif Covid-19

JABARNEWS | CIANJUR – Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur Yusman Faisal, mengatakan ada temuan klaster keluarga penyebaran Covid-19 pertama di Cianjur.

“Total ada 18 orang dari satu keluarga di Kecamatan Cianjur tersebut yang terkonfirmasi positif COVID-19. Ini jadi klaster keluarga pertama di Cianjur,” ujar Yusman Faisal, Selasa (24/11/2020)

Baca Juga:  Waduh, Minuman Beralkohol Bisa Rusak Keperkasaan Pria di Ranjang

Ia mengatakan temuan kasus klaster keluarga tersbut diketahui usai menggelar acara ulang tahun, kemidaian seorang diantaranya memeriksa kesehatan lantaran mengalami kehilangan fungsi penciuman.

Bermula ketika salah seorangnya memeriksa kesehatan lantaran mengalami kehilangan fungsi penciuman. Lalu melakukan swab, hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga:  Seorang Kakek di Tasikmalaya Ditemukan Tewas dalam Kamar Rumahnya

Menurutnya sebanyak 10 orang sudah dibawa ke isolasi khusus di Vila Bumi Ciherang, sedangkan 8 orang lainnya menolak untuk dibawa dan memilih isolasi mandiri di rumah.

“Yang 8 orang sudah kami bujuk, tapi menolak. Memilih isolasi di rumah dengan dipantau intens oleh petugas dari puskesmas,” ujar dia.

Baca Juga:  Tampar Bocah, Oknum Kades di Serdang Bedagai Dipolisikan

Yusman meminta masyarakat untuk tidak menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan, meskipun untuk keluarga.

“Penyebaran COVID-19 kini terjadi secara sporadis, sulit dideteksi. Makanya lebih baik menghindari adanya kerumunan. Tetap aptuhi protokol kesehatan,” kata dia. (Red)