Pasien Positif Covid-19 di RSUD Cikalongwetan Lebihi Kapasitas Ruang Isolasi

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, sudah melebihi kapasitas. Sejumlah pasien positif Covid-19 berada di daftar tunggu buat ruang isolasi.

“Dari sebanyak 20 bed yang tersedia, semuanya sudah terisi penuh. Bahkan lima orang di daftar tunggu,” Direktur Utama RSUD Cikalong Wetan, Ridwan Abdullah Putra, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga:  Inilah Cara Tepat Bersihkan Telinga

Ia menyatakan, para pasien positif Covid-19 itu memiliki gejala klinis. Dari mulai gejala ringan, sedang, hingga berat, sehingga diperlukan perawatan secara khusus.

Ridwan menyebutkan, RSUD Cikalongwetan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 bisa saja meningkatkan kapasitas pada ruang isolasi menjadi 30 bed.

Baca Juga:  DPKPB Purwakarta Amankan Ular King Kobra di Dapur Warga

Namun, pihaknya terkendala oleh tenaga medis yang ada. “Untuk penambahan tidak ada, karena tenaga medis yang ada saat ini kurang dan sudah kelelahan,” ujar Ridwan.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Tekankan Pentingnya SDM dalam Pelaksanaan Imunisasi

Dia menegaskan, pasien Covid-19 harus ditangani oleh tenaga medis dengan jumlah yang sudah ditentukan. Pasalnya, pasien Covid-19 ditangani secara khusus oleh petugas dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Setiap tenaga medis tidak menangani banyak pasien, oleh karena itu kita kekurangan tenaga medis,” tukasnya. (Yoy)