Waspada Ular Masuk Rumah pada November-Desember, Ini Penjelasannya

Dari berbagai jenis ular yang ada di Indonesia, ada sekitar 20 persen ular yang memiliki bisa mematikan.

Petugas Damkar mengevakuasi ular yang masuk ke dalam rumah warga. (Foto: Dok/Damkar Kota Cimahi)

JABARNEWS | CIMAHI - Pada awal musim hujam seperti sekarang ini, masyarakat perlu lebih waspada akan potensi kehadiran ular ke dalam rumah. Pasalnya, musim hujan biasanya menjadi momen perkembangbiakan ular.

Komandan Regu Damkar Kota Cimahi Indrahadi mengaku Damkar sering menerima laporan warga yang meminta bantuan evakuasi ular di dalam rumah. Pada akhir tahun 2019 bahkan banyak laporan ular jenis kobra yang masuk pemukimam warga.

Baca Juga:

Update Data Covid-19 Kota Depok, Penambahan Kasus Sebanyak 397

BMKG Ungkap Penyebab Banjir Rob di Manado, Simak!



Indrahadi menilai, ular yang hidup di saluran air terusik dan terdesak keluar dari habitatnya karena air hujan meluap. Tak jarang, ular itu mencari perlindungan masuk ke pemukiman warga.

Meski tidak diberi pelatihan khusus penanganan satwa, petugas selalu sigap segera datang untuk melakukan evakuasi. Dengan alat bantu berupa tongkat grab stik dan kemampuan autodidak, petugas dituntut berhasil menyelesaikan permasalahan warga.

"Memang idealnya ada peningkatan kapasitas kemampuan personil. Namun, tuntutan masyarakat terhadap Damkar sangat besar, jadi kami tetap harus membantu warga secara proporsional," katanya, Selasa (24/11/2020).
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Ular Masuk Rumah Musim Hujan Damkar Kota Cimahi Komunitas Reptil Bandung Cimahi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Andrea Dovizioso Putus Kontrak, Ducati Kecewa

Tampil Dengan Gebrakan Baru Di 2021, MX King Rilis Warna Aggressive

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi