Rencana Libur Panjang Dikurangi, Ini Respons Bamsoet

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberikan saran kepada pemerintah agar berhati-hati dalam menentukan kebijakan libur panjang pada akhir 2020 ini.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, Presiden Joko Widodo meminta pengurangan libur dan cuti bersama akhir tahun.

Muhadjir Effendy mengatakan, Jokowi memerintahkan agar segera dilakukan rapat koordinasi yang dilaksanakan Kemenko PMK dengan kementerian/lembaga terkait untuk membahas libur dan cuti bersama akhir tahun serta pengganti libur cuti bersama Idul Fitri.

Baca Juga:  70 Orang Guru Diperiksa terkait Korupsi Pembangunan RKB

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan responnya terhadap kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Menurutnya berkaca pada kebijakan libur panjang pada akhir Oktober 2020 lalu terbukti meningkatkan jumlah kasus Covid-19 hingga saat ini.

Bamsoet mengatakan kondisi libur panjang tersebut juga belum mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dari sisi konsumsi rumah tangga.

“Pemerintah berhati-hati dalam menentukan kebijakan libur panjang pada akhir 2020, dikarenakan berdasarkan hasil evaluasi sebelumnya, libur panjang dapat menyebabkan kenaikan kasus positif Covid-19,” ujar Bamsoet, Selasa (24/11/2020) dilansir dari laman Antara.

Baca Juga:  6 Pelajar Terpilih Sebagai Duta Genre 2023 Kota Bandung

Ketua MPR RI itu juga mengingatkan pemerintah unuk meningkatkan jumlah 3T yakni testing, tracing dan treatment. Hal tersebut dikarenakan sampai saat ini ketiga hal itu masih belum optimal dilaksanakan.

“Sehingga berdampak pada naiknya kasus Covid-19 setiap harinya, khususnya di masa-masa libur panjang,” tuturnya.

Bambang Soesatyo juga mendorong pemerintah pusat maupun daerah bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meningktakan strategi dan langkah untuk mengendalikan mobilisasi masyarakat agar disiplin menerapak 3M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca Juga:  Fakta di Balik Penemuan Kerangka Ibu dan Anak di Kota Depok

“Meminta masyarakat dengan kesadaran diri untuk memahami dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 terhadap kesehatan diri dan masyarakat,” ucapnya.

Bamsoet juga meminta masyarakat agar tidak lengah dengan situasi zona Covid-19 yang aman sehingga dapat terus mawas diri dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di manapun berada. (Red)