Sekda Jabar Beri Alasan Kenapa Pentingnya Sosialisasi dan Edukasi Vaksin

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar menyatakan, proses sosialisasi dan edukasi amat penting dalam vaksinasi Covid-19.

Jika proses sosialisasi dan edukasi berjalan optimal, kata Setiawan, proses vaksinasi di Jabar tidak akan mengalami hambatan. Masyarakat pun bakal turut menyukseskan proses tersebut.

Baca Juga:  2023, Kota Bandung Juara di Empat Lomba Berbeda

“Kita harus meyakinkan masyarakat. Artinya, agar masyarakat mengenal vaksin,” kata Setiawan, pada Rapat Koordinasi Divisi Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 se-Jabar, Rabu.

Setiawan melaporkan kesiapan Jabar menggelar vaksinasi Covid-19, menurut dia, Jabar sudah mempersiapkan 1.087 puskesmas, 259 kulkas penyimpanan vaksin di gudang vaksin, 1.462 kulkas vaksin di puskesmas, dan 1.090 vaksinator.

Baca Juga:  Klaim KCD Tak Terima Surat dari Dewan Pendidikan Purwakarta, Tak Tertib Admistrasi?

Dalam proses sosialisasi dan edukasi vaksinasi Covid-19, kata Setiawan, pihaknya mengedepankan data dan fakta. Selain itu, beriorientasi pada hasil, pengelolaan mitra sosialisasi, dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat.

“Strateginya, pertama data-data (yang disampaikan) harus akurat, mau tidak mau kita harus berdasarkan data dan fakta seperti apa di lapangan. Kedua, harus orientasi pada hasil,” ujarnya.

Baca Juga:  Jelang Arus Mudik Lebaran, Ridwan Kamil Sarankan Pemudik Gunakan Jalur Pantura

“Kemudian kita perlu mitra di dalam pelaksanaannya nanti untuk bisa kita sama-sama sampaikan ini. Lalu, sharing informasi publik dengan masyarakat untuk mempengaruhi perilaku seseorang,” katanya. (Red)