Ini Kabar Gembira Bagi Guru Honorer di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ada kabar gembira bagi guru honorer di Kabupaten Purwakarta. Tidak lama lagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan melakukan rekrutmen tenaga pendidik atau guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Saat ini Pemkab Purwakarta sedang mendata kebutuhan guru yang nantinya berkesempatan mendaftar menjadi guru PPPK dengan memenuhi sejumlah persyaratan.

“Kami masih melakukan inventarisasi. Adapun yang bisa mengikuti seleksi Guru PPPK ini tidak hanya sebatas guru honorer, guru GTT dan guru bantu saja, namun lulusan pendidikan yang belum mengajar juga memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta, Asep Supriatna, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga:  Dapat Tambahan Modal, Ini Yang Dilakukan PDAM Sumedang

Dalam proses pendataan, kata Asep, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan, kekurangan guru di Purwakarta cukup banyak yaitu mencapai 2500 guru.

“Perekrutan PPPK kali ini hanya khusus untuk tenaga pendidik,” ujar Asep.

Terkait mekanisme dan syarat rekrutmen guru PPPK, Asep mengaku pihaknya masih menunggu juklak dan juknis dari pemerintah pusat. Begitupun dengan berapa kuota penerimaan guru PPPK pihaknya masih menunggu informasi resmi dari pusat.

“Soal kuota penerimaan akan kita ajukan maksimal sesuai dengan kuota guru PPPK yang diberikan pusat, mengingat kebutuhan guru di Purwakarta masih cukup banyak,” jelas Asep.

Baca Juga:  Polda Jabar Ingatkan Masyarakat Tak Buka Lahan dengan Cara Dibakar

Sebagai penutup, Asep juga mengimbau kepada guru honorer dan calon peserta rekrutmen guru PPPK di Purwakarta untuk tidak percaya dengan oknum-oknum yang mengaku bisa meloloskan dalam seleksi guru PPPK, sebab tidak menutup kemungkinan ada oknum yang ingin mengambil keuntungan dengan cara melakukan penipuan.

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan, Kemendikbud segera membuka rekrutmen Guru jalur PPPK. Hal tersebut dikatakannya saat melakukan video confrence terkait rencana seleksi Guru PPPK Tahun 2020, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga:  Longsor Tebing Tutupi Akses Jalan Warga Dua Desa di Sumedang

“Kita berencana memberikan kesempatan kepada semua guru honorer yang masuk dalam daftar Dapodik untuk mengikuti tes seleksi yang akan berlangsung di tahun 2021,” kata Nadiem.

Nadiem menjelaskan pemberian kesempatan kepada guru honorer dikarenakan kebutuhan akan guru di seluruh Indonesia sangat besar.

“Seleksi PPPK ini dibuka hasil pendataan di lapangan. Berdasarkan Dapodik, Kemendikbud mengestimasi kebutuhan guru mencapai sekitar 1 juta guru ini diluar PNS yang saat ini mengajar,” tambahnya.

Selain itu, seleksi ini juga dibuka untuk memberi kesempatan kepada untuk lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum mengajar untuk membuktikan kompetensi mereka. (Zal)