HGN 2020, FAGI Jabar Minta Pemerintah Perhatikan Para Guru

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangka memperingati Hari Gutu Nasional (HGN), Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat menyoroti masalah yang terkait darurat guru PNS di sekolah negeri.

Ketua FAGI Jabar, Iwan Hermawan mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar harus lebih memperhatikan para guru. Pasalnya, lanjut dia, akan ada pensiun masal guru PNS.

Baca Juga:  Pulang BKO, 330 Polisi di Deli Serdang Jalani Test Swab

“Harapan kami kepada pemerintah segera perhatikan guru-guru di Indonesia, karena saat ini sedang terjadi darurat guru PNS khususnya di sekolah negeri seluruh Indonesia,” kata Iwan saat dihubungi, Rabu (25/11/2020).

Dia menjelaskan, pemerintah akan melakukan moratorium guru serta para guru yang diangkat pada masa orde Baru sudah mulai pensiun.

Baca Juga:  Duh.. Putus Cinta Dominasi Penderita ODGJ di Ciamis

“Kalaupun mengangkat PNS jumlahnya tidak cukup. Selain itu juga saat ini guru-guru yang diangkat pada masa orde Baru sudah mulai pensiun,” jelasnya.

Iwan mengungkapkan bahwa untuk mengisi kekosongan guru PNS, pemerintah harus segera mengikutsertakan guru untuk mengikuti CPNS.

Baca Juga:  Bus Damri Rute Bandung-Bandara Kertajati Mulai Uji Coba, Berapa Tarifnya?

“Kalau tidak ikut serta CPNS, ikut sertakan untuk mengikuti P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) kalau tidak bisa P3K berilah sertifikasi dan jika tidak bisa juga upahlah dengan gaji sesuai UMR dan UMK, ” tutupnya. (Rnu)