Lima Polisi yang Bertugas di Polres Purwakarta Terpapar Covid-19

JABARNEWS | PURWAKARTA – Berdasar hasil swab test yang dilakukan Dinas Kesehatan bersama Gugus Tugas Covid-19 Purwakarta, sebanyak lima orang anggota polisi yang bertugas di Polres Purwakarta terpapar Covid-19.

Perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Dr Erlitasari mengatakan, untuk menindaklanjuti temuan tersebut, pihaknya pun melakukan tracking kepada puluhan personel yang diduga sebelumnya telah kontak erat dengan ke lima orang anggota tersebut.

Pagi tadi kata Erlitasari, ada sebanyak 25 personel kepolisian Polres Purwakarta menjalani swab test lantaran adanya kasus positif di lingkungan Polres Purwakarta.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Waspada Hujan Petir Sore Nanti

“Swab tes yang kami lakukan ini karena sebelumnya ada anggota kepolisian yang memang dinyatakan positif. Dan sekarang kami swab tes ke mereka yang kontak erat dengan pasien positif,” ujarnya, Rabu (25/11/2020).

Saat ini, ujar Erlita untuk jumlah pasien positif seluruhnya yang masih menjalani isolasi, ada 390-an pasien.

“Tren kesembuhan masih stagnan biasa saja. Kalau untuk kasus positifnya terus bertambah di Purwakarta dan membuat Purwakarta statusnya beresiko tinggi alias zona merah. Jadi, saya meminta warga untuk patuh pada protokol kesehatan utamanya 3M,” ucapnya.

Baca Juga:  Sukses Sebagai Aktor, Jefri Nichol Rambah Dunia Belakang Layar

Ia juga mengimbau masyarakat agar dapat melindungi diri sendiri dan membantu mencegah penyebaran virus covid-19 kepada orang lain. Dengan begitu dapat membantu melakukan langkah-langkah yang dianjurkan pemerintah.

“Sering-seringlah mencuci tangan. Bersihkan tangan secara rutin dan menyeluruh dengan alkohol atau cuci tangan menggunakan sabun dan air,” kata Erlitasari.

Baca Juga:  Kampung Warna-warni Di Kota Bogor

Selain itu, pakailah masker dan hindari menyentuh wajah. Tangan menyentuh banyak benda dan dapat mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Hindari berjabat tangan dengan orang lain dan jaga jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) diantara siapa saja yang batuk atau bersin.

“Jika merasa tidak sehat seperti demam, batuk, dan sulit bernapas, minta bantuan medis dan teleponlah terlebih dahulu dan ikuti arahan tenaga medis,” ujarnya. (Gin)