LBH Ansor dan Banser Banten Berikan Klarifikasi Pembakaran Spanduk Habib Rizieq

JABARNEWS | SOREANG – Beberapa hari lalu viral di media sosial sebuah vidio pembakaran ban dan spanduk yang bergambar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Jabib Rizieq oleh anggota Ansor dan Banser pada saat melakukan aksi di Alun-alun Barat Serang, pada Jum’at (20/11/2020).

Terkait hal tersebut, Sekretaris Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Banten Abdul Gofur menyayangkan adanya tuduhan tersebut. Menurutnya, pada saat itu Ansor dan Banser hanya melakukan aksi damai dan tidak ada aksi bakar-bakaran seperti dalam video viral itu.

“Ada tuduhan kejadian pembakaran spanduk Rizieq Shihab oleh Banser. Itu adalah tidak benar. Sebenarnya GP Ansor dan Banser hadir di Alun-alun Barat hanya melakukan deklarasi damai menolak segala provokasi dan upaya–upaya pemecah belah NKRI,” kata Gofur seperti dilansir dari laman Patron, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Wilayah Indihiang Tasikmalaya dikepung Banjir

Ia menegaskan, terkait pembakaran spanduk Habib Rizieq itu di luar kendali Banser dan bukan Banser yang melakukannya.

“Kejadian pembakaran spanduk terhadap Rizieq Shihab di luar kendali Banser dan bukan Banser yang melakukannya,” ujar dia.

Abdul Gofur juga menampikkan terkait tudingan Ahmad Nuri selaku Ketua PW GP Ansor Banten dituduh hadir dan memimpin acara tersebut, serta melakukan tindakan pembakaran ban dan spanduk berwajah Habib Rizieq.

Baca Juga:  Kisah Seorang Model Kota Medan Banting Stir Di Tengah Pandemi

“Saat kejadian berlangsung Ahmad Nuri tidak ada di tempat kejadian, karena ia sedang dalam acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) GP Ansor Tangsel,” katanya.

Ia juga mengatakan, bahwa provokator serta pelaku yang membuat pembakaran tersebut sudah ditangkap oleh pihak aparat kepolisian.

“Yang membakar pun bukan dari kader kita Banser atau GP Ansor, tetapi provokatornya sudah ditangkap oleh pihak yang berwajib,” imbuhnya.

Baca Juga:  Ini Alasan Kuasa Hukum Anak Lilis Karlina Ajukan Diversi

Abdul Gofur mengujarkan, pihaknya akan selalu melaporkan kepada pihak yang berwajib bilamana ada tuduhan ataupun fitnah yang mengarah ke Ansor dan Banser Banten.

“Siapa pun yang melakukan provokasi, fitnah terhadap kehormatan ketua PW GP Ansor Banten, Banser dan Kiai – kiai Nahdlatul Ulama, kami akan melakukan pelaporan hukum,” ungkap Gofur.

Gofur menambahkan, saat ini GP Ansor dan Banser dalam status siaga untuk membantu TNI maupun Polri dalam memberantas pihak-pihak yang sengaja memecah belah persatuan negara. (Red)