Banjir Rendam Tiga Kampung di Ciawi Kabupaten Tasikmalaya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Curah hujan tinggi di Kabupaten Tasikmalaya, mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir dan lonsor.

Banjir dengan ketinggian hingga 80 cm merendam tiga kampung di wilayah Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (25/11/2020) petang.

Kabid Danlog BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Irwan banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi di tiga kampung di Kecamatan Ciawi, dan merendam rumah warga, serta sekolah SMP Negeri 1 Ciawi.

Baca Juga:  Cegah Kebakaran, Inovasi Sprinkler Buatan Diskar-PB Kota Bandung Perlu Disiagakan Masif di Masyarakat

“Selain banjir, bencana longsor juga terjadi dan menutup akses jalan antar desa di Kampung Cipulus, Desa Bugel, Kecamatan Ciawi,” terangnya.



Dia menjelaskan, personel gabungan diturunkan pada Kamis (26/11/2020) pagi ini, untuk membersihkan material longsoran yang menutup akses jalan desa.

Informasi yang berhasil dihimpun, banjir yang terjadi di tiga kampung ini akibat tingginya curah hujan selama tiga jam, yakni pada pukul 14.00-17.00 WIB. Akibatnya, air sejumlah sungai yang melintasi pemukiman penduduk meluap dan merendam rumah warga.

Baca Juga:  Bima Arya Minta Tempat Hiburan Malam di Kota Bogor Tak Beroperasi Selama Bulan Ramadhan

Tiga kampung yang terendam banjir pada Rabu (25/11/2020) petang, antara lain Kampung Nampong, Kampung Karangasem, dan Kampung Sukamantri, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Menurut Enjang, air mulai naik setelah Salat Ashar, dan hujan turun sangat deras mengakibatkan rumahnya terendam banjir dengan ketinggian sekitar 80 cm.

Baca Juga:  Donor Darah Warnai Peringatan HUT Bhayangkara ke-77 di Purwakarta

“Banjir kali ini merupakan banjir yang paling besar jika dibandingkan dengan banjir tahun sebelumnya,” ujarnya.

Banjir merendam semua rumah di sepanjang jalan Kampung Nampong. Menurutnya, banjir akan surut jika sungai sudah surut, dan jika belum surut maka dirinya bersama anak dan istrinya akan mengungsi ke mushola yang berada di belakang rumahnya. (Red)