JMN Channel


Antara Sanitasi dan Investasi

Ilustrasi- Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). (Foto: Net)

Penulis: N. Vera Khairunnisa (Pegiat Literasi)

Sungguh ironis, di tengah dunia dengan kemajuan teknologinya yang luar biasa, terdapat fakta mengejutkan bahwa masih banyak masyarakat yang melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Dan ini terjadi di Indonesia, negeri dengan mayoritas muslim terbesar di dunia.

Baca Juga:

20 Persen Warga Cimahi Mengakses Sanitasi Tak Layak, 4.588 Orang Diare

Komitmen Ridwan Kamil Percepat Vaksinasi Covid-19 Diapresiasi Kemenkes



Melihat data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hampir seperlima warga di Jawa Barat (Jabar) masih melakukan buang air besar sembarangan (BABS). Dikutip detikcom dari laman Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Dirjen Kesehatan Masyarakat Direktorat Kesehatan Lingkungan sebanyak 9,12 juta warga Jabar masih melakoni perilaku BABS. (17/11/2020)

Bagi sebagian orang, mungkin merasa heran. Mengapa bisa di zaman yang serba modern, masih ada yang berperilaku terbelakang seperti itu? Rasa heran itu akan hilang, kalau bisa lebih peka lagi melihat kondisi di sekitar. Sebab sebagian besar dari mereka yang BABS, bukan hanya semata-mata faktor kejorokan. Namun, karena mereka tidak mampu menciptakan sanitasi yang layak disebabkan kemiskinan.

Jika melihat data kemiskinan di Jabar, akan terdapat relevansi antara data jumlah warga yang BABS dan jumlah warga miskin. Tahun ini saja, jumlah warga miskin hampir 4 juta jiwa. Data ini didapatkan dengan memakai nilai garis kemiskinan hanya kurang dari Rp 500 ribu per jiwa per bulan. Jika nilai standar garis kemiskinan ditambah, bisa jadi data warga miskin lebih banyak lagi. Maka problem BABS ini akan hilang seandainya kemiskinan mampu diselesaikan.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Sanitasi Investasi Buang Air Besar Sembarangan BABS Sanitasi Total Berbasis Masyarakat STBM Kemenkes Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Resmi, Joko Widodo Cabut Perpres Terkait Investasi Miras

Investasi Miras Di Indonesia Tuai Polemik

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi