Ema Sumarna Minta Jajaran Kecamatan Sediakan Ruang Isolasi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung meminta setiap kecamatan untuk membuat atau memanfaatkan ruang-ruang untuk tempat isolasi bagi pasien yang terindikasi atau terkonfirmasi terpapar Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan hal itu dilakukan sebagai antisipasi sehingga tidak terlalu mengandalkan kapasitas ruang isolasi di tingkat kota.

“Khawatir saja ruangan isolasi itu mengandalkan yang disiapkan oleh pemerintah kota ya. Tapi gugus tugas kecamatan itu kita dorong agar harapannya ada rumah singgah untuk isolasi,” kata Ema di Bandung, Rabu (11/11/2020).

Baca Juga:  Dua Jalan Raya di Karawang ini segera Diperbaiki dengan Total Anggaran Rp18 Miliar

Saat ini menurutnya okupansi tempat tidur di rumah sakit atau tempat isolasi yang menangani Covid-19 di Kota Bandung sudah mencapai angka 76 persen. Padahal, kata dia, seharusnya kapasitas itu jangan lebih dari 60 persen.

“Ini sudah mulai lampu kuning. Nah, caranya bagaimana, tentunya pemerintah kota sekarang harus mencari tempat fasilitas yang eksisting yang di luar yang namanya rumah sakit,” kata dia.

Baca Juga:  Polres Cianjur Akan Usut Tuntas Pengrusakan Kantor Biro JabarNews

Selain itu, persiapan itu perlu dilakukan mengingat tingkat penyebaran Covid-19 mulai melonjak dalam beberapa waktu lalu. Ema mengatakan positivity rate Covid-19 Kota Bandung berada di angka 7,02.

“Artinya tingkat sebaran di Bandung ini masih cukup tinggi maka harus waspada. Dan ini biasanya bisa berimbas pada klaster keluarga,” kata dia.

Maka dari itu, ia meminta kepada setiap kecamatan bahkan kelurahan agar berinisiatif menyiapkan tempat isolasi tersebut. Menurutnya sudah ada wilayah yang melakukan inisiatif tersebut di Kecamatan Rancasari.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pencuri Kapal Viking

“Nah itu saya lupa di kelurahan mana nya, tapi itu patut ditiru oleh kecamatan-kecamatan lainnya,” kata dia.

Sejauh ini berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, sudah ada 2.262 orang terkonfirmasi Covid-19 secara kumulatif.

Dari total kumulatif itu, 1.909 orang sudah dinyatakan sembuh, 95 orang meninggal dunia, dan 258 orang masih berstatus terkonfirmasi Covid-19 aktif. (Ara)