Tok! 13 Pasar di Kabupaten Indramayu Sepakati Perketat Prokes

JABARNEWS | INDRAMAYU – Para pengelola di 13 pasar Kabupaten Indramayu telah menyepakati untuk mempertketat penerapan protokol kesehatan (prokes). Pengunjung yang tidak bermasker, petugas akan menyuruh kembali pulang.

Kabid Perubahan Perilaku Penegakan Hukum dan Pendisiplin Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Jajang Sudrajat mengatakan kesepakatan tersebut didasari masih tingginya penyebaran Covid-19.

“Pernyataan sikap tersebut harus dilaksanakan oleh para kepala pasar,” ujar Jajang Sudrajat.

Baca Juga:  Koramil 10 Sei Rampah Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes 3M

Ia menambahkan, jika kesepakatan itu dilanggar dan membiarkan pelanggaran protokol kesehatan, maka kepala pasar siap diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Adapun kepala pasar daerah yang ikut menandatangani pernyataan sikap itu, yakni dari Pasar Indramayu, Pasar Karangampel, Pasar Jatibarang, Pasar Bangkir, Pasar Patrol, Pasar Haurgeulis, Pasar Bondan, Pasar Singakerta, Pasar Losarang, Pasar Kandanghaur, Pasar Sukra, Pasar Anjatan dan Pasar Bugel.

Baca Juga:  Mayat Perempuan Tanpa Identitas Ditemukan di Cikancung

Para pengelola pasar/kepala pasar pun telah menandatangani pernyataan sikap tentang penerapan protokol kesehatan di pasar di wilayah Kabupaten Indramayu, Rabu (25/11). Acara berlangsung di Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Indramayu.

Point pernyataan sikap tersebut yakni, akan memaksimalkan penerapan protokol kesehatan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, terus mensosialisasikan perubahan perilaku penerapan protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas di pasar.

Baca Juga:  DPP Tunjuk Didik Mukrianto Jadi Plt Ketua DPD Kepri, Ini Kata Demokrat Jabar

Bagi para pedagang yang tidak menerapkan protokol kesehatan, akan diberikan sanksi teguran dan lainnya sesuai ketentuan. Termasuk pedagang yang melayani pembeli tidak menggunakan masker.

Sedangkan bagi pembeli yang datang ke pasar dan kedapatan tidak menggunakan masker, maka petugas akan menyuruh mereka kembali pulang atau dipersilahkan membeli masker. (Red)