Disdik Kota Bogor: UKS Sebagai Pendukung Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi

JABARNEWS | BOGOR – Dalam memberikan dukungan terkiat rencana pembelajaran tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan 2021 mendatang, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor tengah melakukan sejumlah persiapan.

Kepala Disdik Kota Bogor, Fahrudin mengatakan, pihaknya melakukan pengaktifan kembali unit kesehatan sekolah (UKS) yang ada di setiap sekolah di Kota Bogor.

“Kami akan rapat dengan tim UKS untuk mengaktifkan ruang UKS di setiap sekolah,” kata Fahrudin seperti dilansir dari Antara Jabar, Minggu (29/11/2020).

Menurutnya, keberadaan UKS di setiap sekolah perupakan sarandan dan prasarana pendukung dilakukannya pembelajaran tatap muka ditengah pandemi Covid-19 sekaran ini.

Selain UKS kata dia, ruangan khusus juga akan disiapkan untuk siswa yang menunjukkan gejala kurang sehat selama mengikuti kegiatan belajar tatap muka di sekolah.

Baca Juga:  Terkait Tiang Telkom Roboh, Tidak Timbulkan Masalah Jaringan

“Pada pelaksanaannya, jika ada siswa yang kurang sehat atau siswa yang temperatur tubuhnya di atas 37 derajat Celsius, bisa istirahat dan ditangani di ruang transit,” katanya.

Dijelaskannya, Disdik Kota Bogor juga melakukan pengecekan di setiap sekolah untuk memastikan kesiapan sekolah dalam menghadapi pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat, utamanya sekolah menengah atas dan sekolah yang sederajat.

Formulir berisi daftar periksa kelengkapan sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah di Kota Bogor.

Pengurus sekolah diminta mengisi formulir tersebut dan menyerahkan formulir yang sudah diisi dan ditandatangani oleh kepala sekolah dan komite sekolah disertai surat pernyataan komitmen dan tanggung jawab ke Disdik Kota Bogor.

Baca Juga:  Sepanjang Januari 2021, BNPB Catat Telah Terjadi 263 Bencana

“Dinas Pendidikan menindaklanjutinya dengan melakukan verifikasi dan monitoring ke sekolah-sekolah,” kata Fahrudin.

Sekolah-sekolah yang menurut hasil verifikasi memenuhi syarat untuk melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan, menurut dia, akan diajukan ke pemerintah kota.

“Sekolah tersebut masih harus diusulkan ke Pemerintah Kota Bogor. Wali Kota Bogor yang mempertimbangkan layak atau tidak, dan memberikan izin, baru kemudian sekolah boleh melaksanakan PTM (pembelajaran tatap muka,” katanya.

Fahrudin menjelaskan, sebelum pembelajaran tatap muka dilaksanakan kembali para guru dan pegawai sekolah juga harus menjalani pemeriksaan untuk memastikan mereka tidak tertular virus corona penyebab Covid-19. Menurut data Dinas Pendidikan ada sekitar 12.000 guru sekolah menengah atas dan sekolah sederajat di Kota Bogor.

Sekolah-sekolah menengah atas yang sudah mendapat izin melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka, menurut Fakrudin, juga harus membatasi kegiatan belajar mengajar di sekolah dua hari per minggu untuk setiap kelas. Misalnya, siswa kelas tiga belajar di sekolah pada Senin dan Kamis, siswa kelas dua pada Selasa dan Jumat, dan siswa kelas satu pada Rabu dan Sabtu.

Baca Juga:  Gomez Pilih Move On Dan Fokus Persiapkan Tim Lawan Madura

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperbolehkan sekolah-sekolah yang memenuhi persyaratan melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka mulai awal Januari 2021.

Sekolah boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka kalau mendapat izin dari pemerintah daerah dan institusi terkait, kepala sekolah, perwakilan orang tua, dan komite sekolah; punya sarana prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan; dan siap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. (Red)