Tips Aman Liburan Akhir Tahun di Tengah Pandemi

JABARNEWS | JAKARTA – Libur panjang selalu dikhawatirkan memunculkan banyak kasus baru Covid-19. Namun, banyak orang yang sudah berencana bepergian saat liburan akhir tahun.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo pernah mengungkapkan tidak ada larangan untuk berlibur namun protokol kesehatan menjadi standar penting untuk diterapkan.

“Liburan yang aman dan nyaman itu penting, tapi juga harus disadari liburan itu bisa menimbulkan masalah kesehatan apabila tidak mematuhi protokol kesehatan. Kami tidak melarang masyarakat untuk melakukan liburan, tapi tetap perhatikan protokol kesehatan dan hindari kerumunan,” jelas Doni.

Pemerintah pun sampai saat ini masih meminta untuk sebisa mungkin beraktivitas di rumah, apalagi yang berada di zona merah. Namun jika Anda telah menyiapkan rencana berwisata, ada beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelumnya agar liburan tetap aman dan protokol kesehatan terlaksana dengan baik dan benar.

Berikut tips berlibur aman dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dikutip dari Portal Informasi Indonesia.

Baca Juga:  Loker Untuk Perempuan Posisi SPG di Karawang, Gajinya Hingga 10 Juta, Buruan Cek Syaratnya

Tentukan destinasi yang aman – Pilih destinasi wisata yang aman dan tidak masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 yang bisa dicek di situs www.covid19.go.id. Lebih baik mengunjungi wisata alam karena biasanya ruang gerak lebih luas sehingga kontak dekat dengan orang lain dapat lebih dihindari dan perhatikan apakah pengelola wisata alam telah menerapkan protokol kesehatan, termasuk membatasi jumlah pengunjung 50 persen dari kapasitas normal.

Cari tahu aturan yang diterapkan di destinasi wisata – Cari tahu aturan yang diterapkan oleh destinasi wisata yang dituju. Selain penggunaan masker, mungkin ada pembatasan jumlah pengunjung, jam operasional lokasi wisata, proses pembelian tiket, wahana yang dibuka, dan lain sebagainya. Jangan sampai gagal berlibur karena tidak membaca informasi terkini mengenai tempat wisata yang dituju.

Siapkan dokumen wajib – Berdasarkan Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020, terdapat beberapa dokumen yang wajib dibawa oleh setiap orang yang hendak melakukan perjalanan. Jika akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api atau pesawat terbang, Anda harus menyiapkan surat keterangan bebas Covid-19. Surat keterangan tersebut dapat diperoleh dengan melakukan tes cepat atau tes PCR.

Baca Juga:  Selama Dua Pekan,Tercatat Puluhan Warga Cianjur Positif Covid-19

Jaga selalu kesehatan tubuh sebelum dan selama liburan – Kesehatan merupakan syarat mutlak sebelum pergi berlibur, baik di tempat yang jauh maupun dekat. Sebelum berlibur, usahakan jaga kondisi tubuh dengan beristirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga agar stamina dan imunitas tubuh tetap terjaga. Anda juga perlu menjaga kesehatan dan tetap luangkan waktu berolahraga selama berlibur agar tak sakit saat pulang.

Pesan tiket secara daring – Sebaiknya lakukan pembelian dan pemesanan tiket secara daring untuk menghindari antrean dan kontak langsung dengan banyak orang. Apabila terpaksa harus membeli di loket penjualan langsung, pastikan pengelola tempat penjualan tiket perjalanan di terminal, stasiun kereta, bandar udara, serta pengelola obyek wisata telah menerapkan protokol kesehatan, termasuk #jagajarak antrean maksimal 2 meter.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini, Selasa 2 Agustus 2022

Bawa selalu perlengkapan kebersihan – Jangan pernah lupa untuk membawa perlengkapan kesehatan seperti masker cadangan, hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair. Anda bisa menambahkan pelindung wajah dalam daftar perlengkapan yang dibawa. Agar lebih aman, sebaiknya juga membawa peralatan makan sendiri.

Coba staycation atau bepergian sendiri – Bagi yang masih ragu bepergian jauh bisa memilih staycation atau menginap di hotel di kota sendiri. Pergi ke hotel terdekat dengan fasilitas menarik juga bisa menjadi pilihan menghabiskan liburan panjang. Ada banyak hotel yang kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain staycation, Anda bisa melakukan bepergian sendirian untuk menghindari keramaian. Wisata individual bisa meminimalisir kontak fisik dengan orang lain. (Red)