Covid-19, Musim Hujan Hingga Banjir Menyerang, Perkuat Imun Tubuh Dengan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Memasuki musim penghujan yang banyak berakibat banjir sekarang ini konon perkembangan penyakit mengalami peningkatan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit apalagi pada musim pandemi Covid-19.

Penyakit seperti flu dan pilek lebih sering terjadi saat musim hujan dan banjir. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini akan lebih mudah menyerang bila imunitas atau daya tahan tubuh Anda sedang lemah.

Dilansir dari Alodokter, mari simak beberapa hal yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita saat musim hujan, banjir hingga pandemi Covid-19 ini:

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh di Musim Hujan dan Banjir. Imunitas tubuh yang kuat bisa melindungi Anda dari serangan penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh selama musim hujan dan banjir, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C – Agar kesehatan tetap terjaga selama musim hujan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini penting karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Bila daya tahan tubuh Anda kuat, penyakit flu dan pilek tidak mudah menyerang Anda di musim hujan.
  2. Mengonsumsi makanan bernutrisi – Konsumsilah juga makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang seimbang. Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.
  3. Beristirahat yang cukup – Pastikan juga Anda beristirahat dengan cukup. Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam setiap harinya. Sedangkan untuk anak-anak, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 10 jam atau lebih. Jadi, pastikan kebutuhan tidur Anda tercukupi dengan baik agar kesehatan dan daya tahan Anda tetap terjaga.
  4. Berolahraga secara rutin – Jangan jadikan musim hujan sebagai alasan untuk malas berolahraga. Anda tetap harus menyempatkan diri berolahraga secara rutin, karena kebiasaan baik ini termasuk salah satu “kunci” dari imunitas tubuh yang kuat.
  5. Menjaga kebersihan diri – Agar tidak mudah terserang penyakit, Anda juga harus menjaga kebersihan diri dengan baik. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah batuk, bersin, membuang sampah, menggunakan kamar mandi, atau mengganti popok bayi.
Baca Juga:  Kalah Judi Online dan Terjerat Utang, Pria di Bandung Berbohong Jadi Korban Begal

Vitamin C dan Peranannya Dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, salah satu cara untuk memperkuat daya tubuh selama musim hujan dan banjir adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Jika kebutuhan vitamin C harian Anda terpenuhi, sistem imun dan kesehatan tubuh Anda pun akan lebih terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu jenis makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah buah. Walaupun masyarakat umum lebih mengenal jeruk sebagai sumber vitamin C, sebenarnya ada beragam buah yang juga kaya akan vitamin C, antara lain jambu biji, pepaya, stroberi, dan kiwi.

Baca Juga:  Tiga Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Meniruskan Wajah

Bahkan, jambu biji mengandung vitamin C dua kali lebih banyak daripada buah jeruk. Untuk mengonsumsi buah jambu biji, Anda dapat memakannya secara langsung atau meminumnya dalam bentuk jus, baik jus buatan sendiri atau jus dalam kemasan siap minum. Akan lebih baik bila Anda mengkonsumsi sumber vitamin C yang alami dan tanpa menambahkan terlalu banyak gula.

Baca Juga:  Banjir Rendam Ratusan Rumah di Solokanjeruk, Tanggul Sungai Cisanggalah Jebol

Selain melakukan cara meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak mudah terserang penyakit. Namun, jika Anda sudah terlanjur sakit, periksakanlah diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tak lupa juga kebiasaan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara rutin dan menjaga jarak serta menghindari diri dari kerumunan orang banyak (3M) akan membantu Anda untuk terhindar dari coronavirus atau Covid-19. (Red)