Harga Sayuran Fluktuatif, Petani Lembang Mulai Tanam Jeruk Lemon California

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Harga sayuran yang cenderung fluktuatif membuat para petani sayuran di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mulai mencoba menanam komoditas lain.

Dibandingkan menanam sayuran yang seringkali memperoleh hasil penjualan yang tak sebanding dengan biaya awal penanaman, mereka memilih untuk menanam Jeruk Lemon California.

Komoditas tersebut dianggap lebih menguntungkan. Selain itu, Jeruk Lemon California juga memiliki durasi umur panen yang lebih panjang dibanding sayuran yang biasa mereka tanam.

“Hari ini kami baru memulai menanam Jeruk Lemon California. Totalnya itu sekitar 2.800 pohon yang kami tanam di atas lahan seluas tujuh hektare,” kata seorang petani, Dani, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga:  Polisi Siap Libas Geng Motor di Kota Cimahi dan Bandung Barat

Dia menyatakan, prospek panen Jeruk Lemon California sangat menjanjikan. Dari satu pohon, setidaknya dapat dihasilkan 10 kilogram Jeruk Lemon California saat panen.

Harga Jeruk Lemon California pun terbilang stabil, yakni di atas Rp20 ribu/kilogram. Begitu pula dalam pemasarannya, yang lebih gampang karena sudah ada pihak yang siap menampung.

“Penampungnya sudah ada, selama satu tahun ke depan kami hanya tinggal perawatan. Setelah satu tahun ditanam, buahnya sudah bisa tinggal dipanen,” bebernya.

Baca Juga:  Mulyadi Apresiasi Konsep Gus Menteri Soal Smart Village dan Pembangunan Desa

Dia menuturkan, cara penanaman Jeruk Lemon California dilakukan melalui pola tanam tumpang sari dengan tanaman cabai, tomat dan sebagainya.

Sistem tumpang sari sangat membantu meningkatkan tambahan penghasilan yang diperoleh, di samping penghasilan utama dari menanam sayuran.

“Jadi petani enggak sampai membabat habis tanaman sayuran, tapi kami hanya menambahkan beberapa jenis tanaman lainnya atau dengan sistem tumpang sari,” katanya.

Kepala Desa Cikidang Heri berharap, tanaman Jeruk Lemon California bisa menghasilkan panen yang melimpah dan meningkatkan pendapatan petani.

Baca Juga:  Diduga Manipulasi Domisili PPDB, Bima Arya Minta 3 Siswa SMA Didiskualifikasi

Menurut dia, dengan kesuburan tanah khas pegunungan, kawasan Lembang dinilai cocok untuk ditanami segala jenis tanaman. Tidak kecuali dengan Jeruk Lemon California.

“Selain dari sayuran, semoga dari tanaman jeruk ini bisa menambah penghasilan petani,” ucapnya.

Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan KBB M. Pakih menyatakan, pihaknya berkomitmen membantu petani dalam membudidayakan tanaman Jeruk Lemon California.

“Pemkab akan mempertimbangkan untuk membantu penyiapan lahan sekitar 150 hektar pada tahun depan, insyallah. Kami sama-sama berusaha dan berjuang memajukan perekonomian para petani,” jelasnya. (Yoy)