Mengenal Tokoh Eyang Dalem Gandasoli, Penyebar Agama Islam Di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebuah makam diwilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta kerap ramai dikunjungi para peziarah berasal dari dalam maupun luar kota.

Makam yang terletak di Kampung Lembur Kolot tersebut merupakan makam Eyang Dalem Gandasoli.

Menurut Juru Kunci Makam Eyang Dalem Gandasoli, Umar Sidik, semasa hidupnya, Eyang Dalem Gandasoli ini merupakan penyebar agama Islam di daerah Purwakarta yang singgah di Gandasoli. Desa tersebut saat ini masuk ke wilayah Kecamatan Plered.

Maka tak heran jika banyak masyarakat menyempatkan untuk berziarah ke sini.

Baca Juga:  Nuruli Terima Kekalahan, Tapi Ada Pesan

“Setiap malam ada saja para peziarah datang ke sini, apalagi jika Kamis malam jumlah para peziarah dapat dikatakan meningkat. Datang pada siang hari juga ada,” kata dia, Rabu (2/12/2020).

Ia mengaku makam ini sejak dulu dirawat dan dilestarikan secara turun temurun.

“Peninggalannya ada tasbeh, jubah (pakaian), kitab dan lainnya. Peninggalannya itu disimpan nenek saya di Kampung Cipeucang, Gandasoli, Plered,” ucap Umar.

Menurutnya, benda peninggalan Eyang Gandasoli tidak sembarang waktu bisa dibuka, akan tetapi ada waktu-waktu tertentu seperti bulan mulud (Rabiul Awal).

Baca Juga:  Sambut Natal, Polda Jabar Jamin Seluruh Gereja dalam Kondisi Aman

“Kalau mau liat peninggalannya ada, tapi harus bulan itu,” jelas Umar Sidik.

Disinggung datang dan meninggalnya kapan, ia mengaku tidak mengetahui secara detail, yang pasti Eyang Gandasoli berasal dari arah wetan (timur).

Umar menambahkan, beliau datang tidak hanya sendiri akan tetapi bersama dengan Eyang Balung Tunggal dan lainnya.

“Jadi di sini tidak hanya Makam Eyang Gandasoli saja, akan tetapi ada juga Eyang Balung Tunggal, Eyang Jahroni, Embah Camat dan lainnya,” papar dia.

Baca Juga:  Empat Pelaku Skimming Gasak ATM Bank, Kerugian Nasabah Capai Rp5,4 Miliar

Terpisah, Sekertaris desa setempat, Lilis suarsih mengaku tengah mengembangkan Makam Eyang Dalem Gandasoli menjadi wisata religi di Desa Mekarsari.

Pihaknya juga akan membuat semacam kios tempat menyimpan oleh-oleh hasil raya warga sekitar di bawah bimbingan BUMDes.

“Ini akan menjadi wisata religi di desa kami, pengembangan tengah kami lakukan termasuk lebih mengenalkan makam ini,” singkat Lilis. (Gin)