Kades Sukabakti: Rawan Longsor, Akses Jalan Bandung-Cianjur Perlu Pelebaran

JABARNEWS | CIANJUR – Warga Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur berharap, akses Jalan Bandung-Cianjur (penghubung) ada perbaikan melalui pelebaran.

Pasalnya, terpantau hingga saat ini terlalu sempit dilalui kendaraan. Terutama mobil, sehingga rawan akan kecelakaan. Apalagi bila musim hujan, sering terjadi longsor di lokasi tersebut.

Baca Juga:  TMMD Ke 100, Kodim 0619 Purwakarta Wujudkan Mimpi 8 Tahun Warga

Kepala Desa (Kades) Sukabakti Tatang DS mengatakan, longsor terjadi kedua kalinya. Dan, memohon kepada pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, untuk segera memperlebar jalan nasional yang kondisinya masih sempit.

“Bila tebing dikupas atau dikikis kemungkinan akan mengurangi longsoran. Sebab, lumpur atau bebatuan menempel akan habis,” ujarnya, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga:  Kepada Seluruh Kepala Daerah dan Warga, Doni Monardo Sampaikan Ini

Menurut Kades, sandinya terjadi longsor pun tidak akan tertutup semua badan jalan. Karena sudah lebar, kalau sekarang longsor pasti jalan tertutup semuanya.

“Ya, karena kondisi jalan masih terlalu kecil untuk dilalui kendaraan,” bilangnya.

Baca Juga:  Polisi Imbau Masyarakat di Purwakarta Jangan Kendor Terapkan Protokol Kesehatan

Tatang berharap, kejadian longsor ini pihak kementerian PUPR ke depan segera memperlebar jalan tersebut. Dan, mudah-mudahan saja di tahun 2021 jalur ini sudah diperlebar.

“Supaya jalan normal dan tidak terjadi bencana longsor terus menerus,” tandasnya.

Penulis: Mamat Mulyadi